Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Alasan Yamaha Xeon RC Sepeda Motor Keren, Cepat dan Canggih

Cukup beralasan jika Yamaha XeonRC diberi tagline Sepeda Motor Keren, Cepat dan Canggih. Yamaha, sebagai perusahaan besar yang mengutamakan kepuasan customer tentu memiliki berbagai pertimbangan mengapa menggunakan tagline tersebut. Sehingga antara tagline dengan fakta objektif sepeda motor yang dirilis awal 2013 harga Rp15 jutaan tersebut bakal singkron.

Dari tiga pilihan tagline ini bagi saya sudah mewakili performa Xeon RC. Para  pengguna sepeda motor, menginginkan motornya keren, motornya cepat juga canggih, antara fungsi dan style saling mendukung. Dalam bahasa marketing, tiga kata tersebut sudah mewakili ultimate advantage, sensational offer dan fowerful promise atau disiangkat USP.  

Pertama, Yamaha Xeon RC pantas dibilang keren. 
Keren identik dengan penampilan luar yang kasat mata sehingga tidak akan malu-maluin saat digunakan kapanpun dan situasai bagaimanapun.  Bodi dinamis membuat Yamaha Xeon RC terlihat lebih gaul. Dengan balutan striping simple namun trendi, menjadi sangat cocok dikendarai kaum remaja maupun orang tua juga pria atau wanita.

Tetapi kelelakiannya tidak membuat minder digunakan kaum hawa. Sebaliknya kefeminimannya tidak membuat minder pengguna kaum adam. Tepat seperti ungkapan dalam  iklan Yamah Xeon RC, “adakalnya saya ingin palan adakalanya saya harus cepat”.  

Motor ini juga didesain dengan system dua lengan ayun meski tetap menggunakan satu shock breaker. Dengan system ini menjadikan Yamaha Xeon RC stabil saat bermanuver di tikungan ekstrim meski dalam kecepatan tinggi.

Untuk varian warna tak kalah keren. Yamaha Xeon RC hadir dengan 5 varian warna. Dazzling Black atau hitam – kuning, Thunder Bolt Blue atau biru – putih, Regal Purple atau ungu – putih, Victorious Red atau merah – putih dan Cosmic White atau putih – oranye.
Tegasnya, alasan membuat YamahaXeon RC disebut keren :
  •  Desain terbaru lebih sporty dengan lampu utama lebih lebar
  • Stop lamp pada Yamaha Xeon RC ini berkonsep after burner jet tail lamp. Cirinya ada pada bagian dalam terdapat ornament garis-garis tajam sehingga nampak lebih kokoh dan macho.
  • Desain knalpot terinspirasi dari bentuk knalpotYamaha T-Max
  • Fitur yang paling baru adalah Smart Lock System dan Smart Stand Switch
  • Aplikasi sistem injeksi bahan bakar YMJET-FI
  •  Bahan bakarnya lebih hemat hingga 20 persen.
  • Akselerasi motor ini tergolong responsif.

Kedua, Yamaha Xeon RC Pantas Dibilang Cepat
Yamaha Xeon RC memiliki kapasitas mesin yang cukup besar, 125cc memiliki tenaga 11,4 hp dan torsi 10,4 Nm, dengan menggunakan teknologi Liquid Cooler (TC). Teknologi ini yang membedakan dengan motor matic di kelasnya. Artinya matic ini mengadopsi system pendingin motor bermesin besar. Water jacket dari Yamaha Xeon tidak hanya terdapat di bagian block cylinder tetapi terdapat di menutup bagian head cylinder sehingga pendingin mesin oleh radiator cooler tetap maksimal dan stabil dalam kondisi apapun.

Selain itu, berat motor juga lebih ringan dari Yamaha Xeon yang memiliki berat 3 kg di atasnya. Yamaha XeonCR telah menggunakan chassis baru yang membuat wheelbasenya bertambah 5 mm dan ground clereance lebih tinggi 10 mm. Dengan bodi yang lebih ramping dan ringan tersebut membuat motor ini lincah mampu bermanuver dalam kemacetan sehingga bergerak lebih cepat.

Ketiga, Yamaha Xeon RC Pantas Dibilang Canggih
Xeon RC diklaim sepeda motor matic berteknologi motor balap yang didesian terinspirasi pesawat tempur F117 Nighthawk berbekal DiASil Cylinder dan Forged Piston dalam mesin injeksinya.  Sedangkan penerapan teknologi FI -Yamaha menyebutnya dengan Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) – memberi keuntungan akselerasi dan tenaga mesin sangat baik sementara konsumsi bahan bakar lebih efisien dan emisi gas buang lebih ramah lingkungan.

Sistem canggih ini bekerja sebagai pengatur bahan bakar dari tanki menuju injector untuk disalurkan ke dalam ruang bakar. Secara analogi, system ini seperti kinerja otak manusia. Pada system FI terdapat Electronic Control Unit (ECU) yang akan meneruskan sinyal ke sensor-sensor yang kemudian ECU memerintahkan injector untuk menyemprotkan bensin pada mesin sesuai kebutuhan. Apakah memerlukan suplai bahan bakar banyak atau sedikit tanpa kurang atau lebih.  Sistem itu sudah digunakan di motor produk Yamaha lainnya. Antara lain Yamaha V-Xion juga Yamaha Xeon lawas.

Saat saya mengikuti Warung Yamaha di Jeruk Purut – Jakarta 2011 lalu, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia Indra Dwi Sunda mengatakan, Yamaha mentarget semua motor produksinya akan diperkuat dengen teknologi YMJET-FI. Teknologi yang ramah lingkungan karena menghasilkan pembakaran bahan bakar yang sempurna.  Maka dengan keluarnya Xeon RC yang dilengkapi YMJET-FI, menunjukkan komitmen Yamaha menerapkan teknologi ramah lingkungan terealisasi.

Kehadiran Xeon RC juga lebih menggairahkan  pasar sepeda motor Yamaha. Berdasarakan berbagai pemberitaan, total 203.051 unit motor Yamaha terjual di Januari 2013 naik 45% dibandingkan Desember 2012 mencapai 139.809 unit. Motor injeksi Yamaha berkonstribusi tinggi 75% atau 151.418 unit,  terhadap total penjualan Yamaha. Yakni diperoleh dari V-Ixion 31.697 unit, Mio J 56.036 unit, Soul GT 36.532 unit, Jupiter Z1 14.179 unit dan Xeon RC 12.974 unit. Angka penjualanYamaha Xeon RC cukup fenomenal, padahal baru beberapa bulan di launching sudah hampir angka penjualan 13 ribu unit.

Nampaknya Yamaha ingin lebih memantapkan diri, dalam penerapan inovasi teknologi ramah lingkungan hingga penjualan, Yamaha “semakin di depan” dan semakin keren, cepat dan canggih dengan Xeon RC sehingga “semakin tak tertandingi”. (*)

Posting Komentar untuk "Ini Dia Alasan Yamaha Xeon RC Sepeda Motor Keren, Cepat dan Canggih"