Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Batik Tasik Penuh Pesona

Sentra kerajinan yang mesti dikunjungi selama wisata di Kota Tasikmalaya, kampung Batik Ciroyom. Di antara sentra-sentra kerajinan yang lain, destinasi ini sudah tertata dan representative. 

Menuju Kampung Batik dari pusat Kota Tasikmalaya sekitar 1,2 kilo meter dengan angkutan kota jalur 09. Ongkos satu kali naik Rp2.850. Bila menggunakan becak dari pusat kota sekitar Rp15.000-Rp20.000 tergantung bisanya nawar. Menggunakan taksi bisa mencapai Rp35.000.

Selain menjual kain dan fashion, beberapa produsen batuk sudah memberi ruang kepada pengunjung untuk menyaksikan proses membuat batik mulai menggambar, melukis hingga mencelup. Bisa juga mencoba melukis batik sendiri atau menggambar.  
Butik Batik Agnesa Ciroyom, Kec, Cipedes Kota Tasikmalaya

Di sentra rumah Batik Agnesa misalnya, sejak masuk galeri batik sudah disuguhkan dengan pemandangan perajin yang sedang membuat pola batik. 

Pengunjung juga bisa melihat ibu-ibu melukis. Para penjaga menawari pengunjung bila mau melihat proses membatik atau mau foto-foto. Mereka sudah terbiasa menerima para tamu yang ingin menyaksikan pembuatan batik.

Kita juga  akan tahu sebarapa lama proses membatik. Kalau batik tulis murni satu lembar kain bisa mencapai 1 bulan. Pantas, harga batik tulis murni cukup mahal, mulai Rp400.000 per potong untuk satu baju hingga Rp1,5 juta. 

Batik Tasik sangat khas dengan warna  cerah, seperti merah terang atau coklat terang. Corak bunganya banyak diilhami kondisi alam seperti bunga anggrek, melati atau batik rereng mirip Batik Jogja dan Solo.

Setiap akhir pekan, bus-bus besar dari luar kota banyak datang ke Kampung Batik. Tak jarang rombongan perusahaan, pemda dari luar Pulau Jawa memborong oleh-oleh Batik Tasikmalaya untuk sanak keluarganya. Harga batik di sini sangat terjangkau.

Batik Cap satu kali antara Rp50.000-100.000 untuk satu bahan baju. Batik Tulis campuran cap dan tulis mulai Rp85.000-Rp250.000 dan harga kain batik tulis murni mulai Rp450.000-Rp1,5 juta per potong.

Selain Batik Agnesa ada juga Batik Deden. Tempat worskshop batik Deden tidak jauh dengan Batik Agnesa. Sekedar membandingkan harga serta keunikan masing-masing corak batik, boleh anda mencoba masuk galerinya sekedar tanya-tanya.

Para panjaganya sangat ramah  melayani setiap pertanyaan seputar batik dengan sabar. Kalau belum puas di dua galeri, jajal saja puluhan galeri yang berejer di Kampung  Batik itu. (*)


Posting Komentar untuk "Batik Tasik Penuh Pesona"