Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Bisnis, Komunitas Kaos Tasik Wadahi Generasi Muda Kreatif






EKONOMI KREATIF - Anak-anak muda kreatif ini bertekad mandiri dalam bidang ekonomi. Bermodal nekat, mereka berkreasi, memproduksi kaos oblong dengan gambar dan kata-kata kreatif bahkan nyeleneh juga pelesetan.

Tema-tema desain yang diusung seputar budaya, seni, sosial, hingga kuliner. Hanya saja, nafas utama dalam desain kasos mereka, promosi potensi Tasikmalaya juga teman-tema kesundaan.

"Kami membangun usaha hanya modal nekat. Mulai desain, nyablon dan pemasarn dilakukan sendiri. Yang penting kreatif dulu," ungkap Sidik Ibrahim, Sekretaris Komunitas Koas Oblong Tasikmalaya (Kotas).

Ia mengungkapkan, anggota yang tergabung dalam Kotas merupakan produsen kaos oblong pemula dan masih muda, usia di bawah 30 tahun.

Kotas sendiri kata dia, dibentuk belum lama. Sebelumnya, bulan Agustus 2013, para produsen kaos Tasikmalaya tersebut mengikuti pelatihan desain kaos oblong yang diadakan Kemenperatif RI. Dari pertemuan tersebut  dibentuklah Kotas.

"Sebelum terbentuk komunitas, masing-masing dari kami sudah memproduksi kaos dengan tema serta kekhasan sendiri. Komunitas ini sebagai sarana berbagi untuk kelangsungan usaha," katanya.

Dengan komunitas dia berharap, bisa sharing baik dalam desain kaos, serta pengembangan usaha lebih besar. Jika bersama-sama menurutnya, pembelian bahan kaos akan lebih murah disbanding sekala kecil. Hal yang sama jika ada even pameran. Jika satu stand disewa beberapa anggota, biaya akan lebih ringan. 

"Kalau bareng-bareng biaya kan yang bisa ditanggung ramai-ramai. Ini salah satu tujuan dididikan komunitas. Meski demikian untuk produksi kami tetap masing-masing," katanya.


Banyak kata-kata unik yang dituangkan dalam desain kaos mereka. Misalnya aku cinta Tasikmalaya, Getih Sunda, Tutug Oncom, juga tema-tema tulisan dan gambar produk kerajinan unggulan, seperti batik, kelom geulis, mendong dan kuliner lokal. Ada juga pelesetan Yu Atuh, diambil dari nama You Tube. (anep paoji)

2 komentar untuk "Ide Bisnis, Komunitas Kaos Tasik Wadahi Generasi Muda Kreatif"

cobaduluverena 4 Januari 2017 pukul 07.00 Hapus Komentar
Sekarang ada dimana? Siapa kontak person Kotas?
aplikasi android 7 Juli 2019 pukul 22.30 Hapus Komentar
terimakasih karena telah berbagi ide bisnis yang sangat menarik, sangat patut untuk dicoba. artikel yang bermanfaat gan..
Software Kasir Android