Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk Berkunjung Imah Tasik dan Sentra Bordir Kawalu

TASIKMALAYA – Salah satu Lokasi yang rekomended dikunjungi bila jalan-jalan ke Kota Tasikmalaya, Imah Tasik. Lokasinya beralamat di Lingkar Industri Kecil (LIK) atau Jalan Perintis Kemerdekaan, sekitar 3 kilo meter dari Kota Tasikmalaya. Bila menggunakan angkot, naik angkot yang sama menuju sentra bordir Kawalu, Angkot 03 ongkos Rp2.800/orang/naik (tarif baru).

Imah Tasik Kota Tasikmalaya
Imah Tasik merupakan etalase kerajinan unggulan Kota Tasikmalaya yang dikelola Pemkot Tasikmakaya. Pengunjung yang datang ke Imah Tasik bisa difasilitasi oleh pengelola untuk dipertemukan dengan produsen kerajinan bila belanja sekala besar.
Imah Tasik buka setiap mulai jam 9.00 WIB-16:00 WIB, termasuk hari Minggu dan hari libur.  Di sini dipajang hasil kerajinan yang mewakili kerajinan unggulan di Kota Tasikmalaya juga Kabupaten Tasikmalaya seperti kerajinan anyaman asal Rajapolah.

Tidak jauh dari Imah Tasik, terdapat pabrik yang membuat alas kaki untuk kelom geulis. Pengunjung bisa menyaksikan para perajin membentuk kayu-kayu balok menjadi sebuah alas kaki yang cantik dan  mengkilap. Dari sinilah alas kaki untuk dimodivikasi di rumah perajin Kelom Geulis dibuat.

Selaian itu, sentra bordir di Kawalu juga akan menjadi salah satu lokasi kunjungan menarik.  Kawalu, satu kecamatan dari 10 kecamatan di Kota Tasikmalaya. Di sepanjang Jalan Air Tanjung – Kawalu hampir semua penduduk bermata berpencaharian membuat bordir, mulai bos besar hingga sekedar buruh.
Sejak memasuki  Jalan Air Tanjung - Kawalu, gemuruh suara mesin bordir sudah terdengar. Ada yang menggunakan mesin juki kecil dan kebanyakan sudah menggunakan mesin bordir komputer yang bisa memproduksi bordir hingga 10 pcs satu kali putaran.

Sejak Muncang - sepanjang Jalan Air Tanjung, banyak butik yang memajang hasil kerajinan mereka. Mulai mukena, baju koko, kebaya, kerudung atau pakaian turunan dari bordir.

Hj. Haryati owner Butik Haryati Bordir
Kawalu Kota Tasikmalaya 
Dari pusat Kota Tasikmalaya, Jalan KHZ Mustofa, menuju Kawalu sekitar 5 kilo meter, menggunakan angkutan kota (angkot) 03 jurusan Sub Terminal Pacasila - Kawalu. 

Hanya saja angkot ini jarang yang masuk hingga sentra bordir, perlu menggunakan ojek dari pemberhentian Angkot di Pangkalan atau Muncang. Tariff sekitar Rp10.000-Rp20.000 tergantung kepiawaian nawar.

Produsen  dan butik yang terkenal di Kawalu antara lain Butik Bordir Haryati. Bertanya ke tukang ojek di pemberhentian Muncang, mereka pasti mengantarkan dengan senang hati. Kabarnya mereka suka dikasih tips oleh bos bordir, meski pengunjung sekedar lihat-lihat. Di sini koleksinya lengkap, juga variatif. Soal harga tergantung kualitas. Harga mukena berkualitas mulai Rp150.000/pcs hingga Rp1,5 juta/pcs tersedia dengan ragam pilihan motif. (*)




Posting Komentar untuk "Yuk Berkunjung Imah Tasik dan Sentra Bordir Kawalu"