Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

IDE BISNIS : Kangkung Dari Lombok NTT Ini Eskpor Ke Singapura

EKONOMI KREATIF – Kita semua tentu tahu kangkung?  Sebuah sayuran yang harganya tidak seberapa. Di kampung minta ke tetangga saja diberi dan tinggal metik di  sawah atau pinggir kolam.

Namun tahukah anda, kangkung hasil petani di Lombok Barat NTT, berhasil di ekspor alias dijual ke luar negeri. Itu karena kualitasnya super sehingga diminati para konsumen luar negeri. Tujuan ekporpun beragam, mulai Singapura, Tiongkok  dan brunai Darussalam.

Bahkan peluang berikutnya, masih produk kangkung yang sama terbuka diekspor ke Australia dan Malaysia. Itu sangat memungkinkan karena banyak sekali warga asal NTB yang tinggal dikedua negara itu baik bekerja sebagai TKI ataupun berbisnis dan sedang menempuh pendidikan. Bahkan sebelumnya kangkung Lombok Barat pernah diekspor ke Amerika Serikat.

"Kalau sekarang ini belum ada yang melirik peluang ke Australia. Apa mungkin orang di sana tidak mau makan kangkung atau bagaimana. Tapi saya yakin ada peluang," ujar Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan Kabupaten Lombok Barat Khaerul Bachtiar seperti diberitakan bisnis.com, Senin (14/07/2014).

Luas lahan tanam kangkung di Kabupaten Lombok Barat pada 2013 mencapai 300 hektare mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya seluas 150 hektare.

Hal itu membuktikan bahwa petani cukup antusias menanam komoditas tersebut karena keuntungan yang diperoleh lebih besar dibandingkan menanam padi. Namun, tentu lahan budi daya yang cocok adalah di lahan irigasi.

Lahan budi daya kangkung di NTB tersebar di tujuh dari 10 kecamatan. Sebagian besar berada di wilayah Kecamatan Narmada dan Lingsar karena kedua daerah itu dilalui aliran Kali Jangkok, yang airnya bersumber dari Gunung Rinjani.

Varietas kangkung yang dibudidayakan petani, merupakan varietas Aini dan Nona, yang produksinya bisa mencapai 20 ton per hektare dalam jangka waktu empat bulan, syarat lokasi budi daya benar-benar memiliki sumber air melimpah.

"Selain air, sentuhan teknologi dalam budi daya juga memengaruhi produksi tanaman kangkung," kata Bachtiar. (sumber: bisnis.com)

Posting Komentar untuk "IDE BISNIS : Kangkung Dari Lombok NTT Ini Eskpor Ke Singapura"