Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Keselahan Umum Pengusaha dan Cara Menghindarinya

EKONOMI KREATIF  - Siapa pun anda yang pernah memulai bisnis akan merasakan kesulitannya. Anda harus membuat produk atau jasa yang layak supaya pasar bersedia membeli. Langkah berikutnya Anda harus membuat keputusan penting untuk masa depan bisnis dan perusahaan anda.

Kesalahan umum dalam bisnis tidak bisa terelakkan. Namun demikian kesalahan akan membuat Anda menjadi seorang pebisnis yang lebih hati-hati dan bijaksana.

Dikutif dari entrepreneur dot com, di bawah ini tisp yang akan membantu Anda menghindari enam kesalahan yang paling umum dilakukan para pengusaha saat memulai mengembangkan bisnis.

Tahan Kritik dan Evaluasi
Jangan takut untuk mencari nasihat dari para mentor terpercaya dan teman-teman. Umpan balik sangat berharga untuk bisnis baru - terutama yang datang dari para pemilik bisnis yang berpengalaman yang telah berhasil membangun bisnisnya.

Tapi perlu hati-hati juga, terkadang nasihat yang tujuannya baik namun terlalu banyak bisa membingungkan. Terlalu banyak nasihat dapat menyebabkan kelumpuhan analisis.

Silahkan Anda membuat keputusan besar, namun jangan terlalu lama, jangan sampai kehilangan kesempatan atau tidak pernah bergerak sema sekali. Anda dapat memperbaiki kesalahan, tetapi Anda tidak dapat berhasil jika Anda tidak pernah memulai memperbiki.

Minta Tanggapan Pelanggan Atau Klien.
Tanggapan di awal-awal, memberikan Anda kesempatan untuk memperbiki produk atau layanan Anda. Kadang-kadang  ide yang dikira bagus  ternyata tidak berpengaruh pada pasar.

Sementara jika Anda meminta pelanggan atau klien dengan apa yang dia inginkan dan Anda mencoba beradaptasi, hampir dijamin pelanggan akan merespon secara positif.

Manfaatkan Setiap Jaringan.
Visibilitas adalah aturan namun yang pertama jaringan. Dalam rangka mempromosikan bisnis, Anda sangat penting untuk melihat jaringan yang lebih luas.

Hindari Gangguan dan Tetap Fokus

Jika Anda seperti kebanyakan pengusaha, memiliki ide terlalu banyak, anda tidak akan pernah bisa mengeksekusi. Jangan jatuh ke dalam perangkap mendapatkan ide cemerlang  sementara Anda mengabaikan bisnis inti Anda.

Sewa Orang yang Tepat
Keputusan menyewa siapa dan menetapkan siapa yang mengisis posisi merupakan hal yang paling sulit . Namun seseorang yang benar-benar terbaik untuk pekerjaan, anda mesti berpikir dua kali untuk mempekerjakan teman-teman dekat dan keluarga.

Terlalu banyak hubungan pribadi dalam bisnis bisa jadi dihancurkan oleh situasi kerja yang sulit. Pastikan setiap karyawan baru yang berkualitas, punya kemampuan, ingin belajar dan memiliki etos kerja yang kuat.
Pertimbangkan mempekerjakan orang-orang punya kelebihan dan akan melengkapi kelemahan Anda. Jika anggota staf tidak melakukan harapan Anda, latihlah mereka atau sama sekali menggantinya.

Jaga Kata-kata Anda
Tanggapi setiap pesan suara atau email dalam waktu 24 hingga 48 jam. Bahkan jika Anda tidak dapat mengambil tindakan atas permintaan dalam jangka waktu itu, menanggapi dan membiarkan orang tahu Anda menerima pesan mereka.

Jika Anda kebetulan melewatkan tenggat waktu atau lupa panggilan telepon, meminta maaf segera. Ketika Anda membuat janji kepada pelanggan, klien atau kolega jagalah kata-kata Anda. (*)