Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini Strategi Marketing untuk Percetakan

IDE BISNIS – Bagaimanapun usaha perlu strategi. Namun yang penting dari semua staregi tersebut harus dilaknsakan dan jangan cuma di atas kertas.
Nah berikut ini tulisan dari pengusaha muda di bidang percetakan (Tendi Ghrafia di Tasikmalaya). 


Dia berbagi seputar startegi promosi percetakan.
Semua ada plus minusnya. Berikut saya beri contoh penerapan blue ocean, red ocean, grey ocean dan black ocean.
 

Starategi Blue Ocean dapat digambarkan dengan dialog berikut :
- Halo, kartu nama sebox brapa?
- Rp30 ribu pak!
- Kok mahal,..... di Bandung bisa Rp25 ribu kok
- Kita gak bisa pak. Soalnya kartu nama kami lebih bagus, bahanya anti sobek dan itu sudah dilaminasi, design gratis pak kalo diperlukan.
- Ok ok

Sedangkan strategi Red Ocean sebagai berikut :
- Halo, kartu nama sebox brapa?
- Rp30 ribu pak!
- Kok mahal,..... di Bandung bisa Rp25 ribu kok
- Ok pak. Samain aja pak dengan Bandung, emang mau bikin berapa?
- 250 box
- siappppppppp
- Bisa kurang gak, jangan Rp25 ribu donk?
- Bisa bisa.....
- Ok ok

Staragei Grey Ocean sebagai berikut :
- Halo, kartu nama sebox brapa?
- Rp30 ribu pak!
- Kok mahal,..... di Bandung bisa Rp25 ribu kok
- Yaelah si bapak ya udah sono aja di Bandung aja bikinnya. Ngapain bikin di Tasik
- Kirain aja di sini lebih murah
- Di Bandung itu pesen di mana pak
- Di Pagarsih
- Nih pak saya kasih tau ya. Di bandung itu ada yg lebih murah bisa Rp20 ribuan,
- Dimana
- Cicaheum pak. Cari saja disana.
- Ok ok

Sedagkan strategi Black Ocean sebagai berikut :
- Halo, kartu nama sebox brapa?
- Rp30 ribu pak!
- Kok mahal,..... di Bandung bisa Rp25 ribu kok
- Gubrak......
- Tuuuuuttttt tutttt tuttttt