Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Cara Menuju Kawalu, Sentra Bordir Tasikmalaya

EKONOMI KREATIF – Sejak lama, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya terkenal sentral bordir terbesar di Jawa Barat bahkan mungkin se Indonesia. Produk bordir dari Kawalu ini memenuhi pasar-pasar di Indonesia yang dijual melalui Tanah Abang – Jakarta Pusat.

Setiap malam Rabu dan malam Minggu, para pengusaha bordir dari Kawalu mengirim barang ke Jakarta. Banyak juga mereka mengirim bordir ke daerah lain seperti ke Solo, Jogja Surabaya dan ke luar Pulau Jawa seperti Kalimantan hingga Makkasar.

Hal yang sama kiriman ke luar negeri. Salah satu kiriman terbesar produk Bordir Kawalu, ke Malaysia, Brunai Darusaalam bahkan Arab Saudi, Abu Dhabi dan Mesir.

Untuk mengunjungi sentra Bordir Kawalu sangat mudah. Hanya saja dari Jakarta, Bandung atau dari Surabaya, masih harus menggunakan jalan darat seperti kereta atau bis. Belum ada penerbangan komersial menuju Tasikmalaya ini. Kalaupun mau, bisa menggunakan pesawat carter seperti Susi Air melalui lanud Wiriyadinata Tasikmalaya.

Jika anda dari Jakarta menuju sentra Bordir Kawalu Tasikmalaya, dengan menggunakan bis umum bisa naik bis Primajasa dari lebak Bulus atau Bis Budiman dari Terminal kampung Rambutan. Banyak juga bis lain seperti Doa Ibu  bis lintasan Jakarta - Jawa Tengah yang berhenti di Terminal Tasikmalaya.

Jika sudah sampai di terminal Indihiang – Tasikmalaya, tinggal tanya saja ke petugas terminal ara ke Kawalu. Akan mendapat inforamsi yang mudah. Di Tasik orangnya ramah-ramah, termasuk penulis..he2. 

Atau jika mau menggunakan angkot jangan turun di terminal. Turun saja di perempatan mau arah ke terminal di Indihiang  Kota Tasikmalaya lalu naik angkot 05. Ikuti saja lalu minta turun di terminal Pancasila Kota Tasikmalaya. Setelah itu naik angkot 03 langsung ke Kawalu Tasikmalaya. 

Namun angkot tidak sampai ke sentra bordir. Anda tinggal turun di pemberhentian Muncang  - Kawalu. Dari sini bisa naik ojek dengan harga sekitar 10-20 ribu tergantung  konveksi bordir mana yang dituju.

Minta diantar saja kepada tukang ojek. Mereka dengan senang hati menunjukkan butik atau toko produk bordir yang berkualitas dengan harga bersahabat.  O iya, untuk ongkos angkot di Tasikmalaya hanya Rp3000 sekali naik.

Menuju sentra bordir Kawalu dari Jakarta juga bisa menggunakan Kereta Api dan turun  di Stasiun Kereta Api Tasikmalaya Pancasila. Hal yang sama dari Surabaya atau dari Solo, bisa menggunakan kereta api atau bis.  Bis dan kereta api menuju Tasikmalaya cukup banyak. (*)