Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Lokasi Terbaik Wisata UKM dan Kuliner Kota Tasikmalaya

EKONOMI KREATIF – Kota Tasikmalaya, kota kecil di selatan Jawa Barat menjadi salah satu kota terbaik untuk dikunjungi wisatwan seteleh Bandung.  Selain ragam dengan kerajinan UKM unggulan, ragam wisata kuliner yang memanjakan lidah para pengunjung. 

Jika anda berkunjung ke Kota Tasikmalaya pastikan  berada pada tempat yang tepat sehingga wisata anda demikian berkesan.

Dikutif dari bisnis.bandung com, berikut peta wisata Kota Tasikmaalaya.

Sentra kerajinan Batik TasikmalayaSentra kerajinan batik Tasikmalaya terdapat di Lampung Ciroyom, Kelurahan Nagarasari Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya. Menuju ke kampung batik sangat mudah. Selain dekat dari pusat kota juga arah penunjuk mudah ditemukan.

Begitupuan bila bertanya kepada tukang becak atau sopir angkot, mereka sudah pada tahu. Di Lokasi ini, tersedia gerai-gerai Batik Tasik, mulai harga termurah puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah per potong.

Tak berhenti di situ. Pengunjungpun bisa menyaksikan langsung proses pembuatan batik mulai awal sampai akhir. Mulai kain belum diwarnai hingga proses pencucian dan melukis kain oleh para perajin yang telaten. Rata-rata showroom didesain seakrab mungkin dengen pengunjung.

Bentuknya seperti rumah biasa dengan etalase sekedarnya. Pengunjung dapat memilih kain batik sambil lesehan dan ngobrol ngaler ngidul.

Salas satu showroom yang bisa dikunjungi, Rumah Batik Agnesa  dan Batik Deden. Keduanya bera;amat di Kampung Ciroyom Kecamatan Cipedes. Para tamu luar negeripun oleh operator travel sering diajak ke gerai ini.

Sentra Bordir di Kawalu
Tepatnya di Kampung Saguling. Hampi semua rumah di sini, memproduksi bordir. Mulai mesin manual (kejek) hingga mesin canggih berteknologi komputer. Menuju Kecamatan Kawalu dari pusat Kota Tasikmalaya, jika menggunakan kendaraan pribadi sekitar setangah jam. Kendaraan umumpun sangat banyak. Dari Padayungan menggunakan angkot 03 dan langsung menuju sentra Bordir Kawalu. Ongkosnya cuma Rp2500 sekali jalan.

Di perjalanan, geliat aktifitas usaha bordir  sangat kentara. Rumah-rumah terbuka, terlihat mesin-mesin besar sedang beroperasi. Mobil-mobol boks bongkar muat barang, mengangkut produk bordir yang biasanya dikirim ke Tanah Abang, Solo juga Surabaya dan ekpor ke luar negeri seperti ke Malysia, Arab, Jeddah dan Dubai.

Sala satu gerai produk bordir yang dpaat dikunjungi, rumah mode muslim Al-Amiin, Zarkasie Embroideri di Kampung Cukang- Tanjung Kawalu. Di shomroom ini, lebih banyak memajang produk bordir hasil mesin manual  mulai kerudung, kebaya, mukena dan baju muslim dengan harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah per potongnya.

Kerajinan Kelom Geulis di Kecamatan Tamansari
Kecamtan Tamansari, sejak lama menjadi sentra perajin alas kaki. Dari sentra inilah, kelom geulis itu dihasilkan. Kelom Geulis merupakan sandal khas Tasikmalaya yang terbuat dari kayu dengan motif dan model tertentu.

Untuk menuju sentra alas kaki, dari pusat Kota Tasikmalaya HZ Mustofa sekitar tiga kilometer. Lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi, sepeda motor atau mobil. Kalaupun terpaksa, bisa menggunakan angkot jalur 010 dari Jalan KHZ Mustifa-Padayungan. Namun sayang,  angkutan masih sedikit sehingga perjalanan sedikit akan lambat.

Kini, produsen kerajinan alas kaki Kelom Gulis semakin kreatif. Para pearajin  memadukan lukisan batik dengan bordir pada motif sandalnya. Bahkan ada juga desain tas  alas sepatu. Yakni sebuah tas berbentuk  kelom geulis dengan paduan motif bordir dan batik. Gerai yang direkomendasikan untuk dikunjungi, antara lain Gerai Kelom Geulis Sheny di Jalan Tamansari – Gobras Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya.

Kuliner Rakyat Jalan BKR
Bosan ke lokasi wisata belanja UKM, ada baiknya mampir ke lokasi jajanan kuliner khas Tasikmalaya. Salah satunya dapat ditemukan di jalan Badan Keamaman Rakyat  (BKR). Di jalan ini puluhan saung yang menyediakan makanan cepat saji dapat dipilih. Mulai menu Tutug Oncom (TO) hingga makanan mewah kelas hotel berbintang. Ada juga surabi dan jajanan lain dengan harga merakyat.

Salah rumah makan yang bisa direkomendasikan, TO Mr. Rahmat. Warung TO ini, ruangan luas dapat menampung puluhan bahkan ratusan orang dalam satu waktu. TO Mr Rahmat buka dari Pukul 08:00 WIB hingga pukul 20:00 WIB.

Masih di jalan BKR, jika ingin kuliner harga lumayan mahal dengen selera bos, salah satu restoran yang bisa direkomendasikan RM Hegarsari dan RM. Sate Maranggi. Di RM Hegarsari yang paling unik ada menu telor plus pete. Rasanya unik dan membangun selera makan tak mau henti. Sedangkan di RM Sate Maranggi, yang paling khas satenya yang gede-gede. Kalau sedang tidak terlalu lapar, makan satu tusuk saja sudah kenyang. (*)