Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KULINER KHAS TASIKMALAYA : Bacang Ibu Hany yang Super Lezat

EKONOMI KREATIF – Awalnya Bacang merupakan makanan khas Tionghoa terbuat dari beras dan daging olahan. Bentuknya segi tiga, dibungkus daun pisang atau daun bambu. Rasanya asin manism guruh dengan bumbu dominan campuran kecap dan daging juga bawang yang ditanam di dalam Bacang.

“Waktu itu saya bingung tidak punya usaha apa. Usaha warungan selalu rugi, habis modal. Akhirnya saya mencoba membuat bacang, ternyata cukup laku,” kata Hany di tokonya Rabu (3/4), seperti ditulisa bandung.bisnis com. 

Hany pertama kali membuat Bacang menghabiskan 1 kg beras dengan beberapa ons daging sapi. Awalnya bacang Hany dijual Rp400, harga yang cukup mahal pada saat itu sehingga ia mendapat complain dari para penjual di warung yang ia titipi. Tetapi ia tetap mempertahankan harga karena ia yakin Bacangnya enak dan layak dihargai sedikit mahal.

Untuk mempertahankan rasa ia tetap menggunakan bungkus daun bambu. Rasa dan aroma Bacang dari daun bambo berbeda dengan rasa yang dibungkus dengan daun yang lain seperti daun pisang.

Warung Bacang Hany sudah mencapai 24 tahun. Kini harga Bacang dibandrol Rp5000/bungkus untuk rasa ayam dan Bacang Sapi Rp6000/bungkus. Alamat Bacang Bu Hany di Jalan Tentara Pelajar sekitar 100 meter dari pertigaan Jalan Rumah Sakit Kota Tasikmalaya. (*)