Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mahasiswa Harus Siap Jadi Pengusaha

EKONOMI KREATIF - Kecenderungan saat ini, lulusan pendidikan tinggi sibuk mencari pekerjaan. Sementara  lowongan pekerjaan setiap tahun sangat terbatas sehingga antara jumlah angkatan kerja dengan lowongan kerja terjadi ketimpangan.

Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman dalam Seminar Program Studi dan Pengenalan Lingkungan (PSPL) Mahasiswa Baru LP3I Tasikmalaya di Aulia Hall Center Tasikmalaya, Selasa (12/8) mengimbau, supaya  lulusan  pensidikan tinggi menjadi pengusaha usaha atau entrepreneur.
 

“Mahasiswa sebagai lulusan pendidikan harus siap menjadi seorang entrepreneur dan siap memasuki dunia usaha, tidak berorientasi menjadi seorang pegawai. Ini sejalan dengan dengan fokus pembangunan Kota Tasikmalaya yang mendorong kemandirian ekonomi yang berdaya saing,” ungkap Budi yang juga salah seorang pengusaha di Tasikmalaya tersebut.
 

Budi juga menyampaikan kiat-kiat sukses menjadi pengusaha berdasar pengalaman pribadi. Antara lain, Be a Good Student atau menjadi pembelajar yang baik dan menjalankan peran dengan penuh tanggung jawab.
Selain itu menjadi pengusaha harus memerangi rasa malas, tidak menghindar dari pelajaran yang sulit serta melakukan sosialisasi secara efektif.
 

Kedua ungkap Budi, Be a Good Professional or Enterpreneur. Yaitu seorang pengusaha harus berjiwa mau belajar, mudah beradaptasi dalam lingkungan kerja, bekerjasama dalam tim serta jujur dan tanggung jawab.
 

“Saya berikan motivasi dan spirit bagi mahasiswa berdasarkan pengalaman saya. Jika ingin berhasil harus bisa memanfaatkan bangku kuliah dengan belajar yang baik dan disiplin yang baik. Kemudian saya dorong mereka untuk menjadi wirausahawan muda dengan kecerdasan sosial yaitu dengan menumbuhkan rasa percaya diri untuk tampil, katanya. (Sumber : Humas Kota Tasikmalaya)