Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi Tarif Ongkir Pos di Internet, Ini Caranya

EKONOMI KREATIF – Bagi pelaku usaha online mengatahui tarif ongkos kirim (ongkir) barang ke  tempat konsumen merupakan keharusan. Kalau perlu semua tarif jasa ekspedisi harus diketahui untuk perbandingan mana yang lebih hebat atau kurang baik pelayanannya, termasuk mengatahui besaran tarifnya.

Hal itu supaya pelanggan tidak kecewa dengan pengiriman barang yang dibelinya. Janji pengiriman dua hari, malah seminggu belum kunjung tiba.

Untuk mengatahui kualitas layanan jasa ekspedisi, ada baiknya anda bertanya kepada pengguna jasa titipan yang berbeda, termasuk harganya. Kalaupun perlu, sesekali mencoba jasa ekspedisi yang berbeda untuk tujuan kota yang sama.

Salah satu kerepotan mencari harga jasa ongkir kita harus datang ke kantor ekspedisi. Menanyakan harga serta berpa waktu yang dibutuhkan untuk proses pengiriman tiba di tujuan.  Beruntung jika tidak antre, giliran antre, malah bisa dicemberuti petugas loket.

Saya sendiri pernah adu omong dengan salah seorang pengunjung yang akan menitip barang di Pos. Ia terlihat kesal karena saya hanya menanyakan jasa ongkir, tanpa membawa barang. Padahal si petugas sendiri tidak apa-apa karena dia sudah tahu saya kirim barang hampir setiap minggu dan sebelumnya menanyakan berapa ongkirnya.

Nah suapaya tidak repot-repot datang ke kantor pos, berikut ini salah satu cara memperoleh informasi harga ongkir ke berbagai daerah melalui internet.

Caranya buka saja website PT Pos posindonesia[dot]co[dot0.id baik di komputer atau di hanphone anda.

Lalu cari kolom bertuliskan, “di bawah adalah tarif kiriman layanan pos”, antara lain untuk Kiriman Pos Domestik, Kirimanpos Internasional, Weselpos Domestik, Weselpos Internasional dan Western Union.

Lalu klik salah satu layanan yang dipilih maka akan terbuka kolom-kolom  dari mana dan tujuan ke mana barang yang akan dikirim. Lalu isi setiap item tersebut jangan  sampai ada yang kosong. Lalau klik tampilkan tarif, maka akan nampak tarif yang mesti dibayar.

Dengan demikian kita dengan mudah mendapat informasi tarif yang akan disampaikan kepada pelanggan online kita tanpa harus antre di Pos bertanya kepada petugas loket.

Selain dapat memperoleh informasi harga ongkos kirim paket, dalam web site yang sama kita juga bisa melacak paket yang kita kirim sudah sampai di mana. Caranya hampir sama dengan cara yang sama membuka website PT Pos, lalu cari kolom lacak paket atau dokumen.

Setelah terbuka masukkan resi yang terdapat pada kuitansi penerimaan dari PT Pos. Lalu klik kiriman, maka akan terlacak, sudah sejauh mana kiriman yang kita titipkan. Selamat mencoba.(*)

Posting Komentar untuk "Informasi Tarif Ongkir Pos di Internet, Ini Caranya"