Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Emaskah Investasi Percetakan di Tasikmalaya?

EKONOMI KREATIF - Beberapa hari lalu, lupa tepatnya, seorang pengusaha percetakan nasional ngajak diskusi, beliau saya beri inisial P untuk menjaga privasinya.  Perbincangan seputar percetakan di Tasikmalaya, baik itu soal harga, sarana dan prasaran (kelengkapan) persaingan, sistem pekerjaan, harga design, dll.

Tentu saja saya sedikit "curiga" dalam arti mau apa nie orang. Nanya nanya gitu soal percetakan di Tasik. Jangan jangan...... Kembali, P nanya lagi soal adakah mesin SM52 di Tasik, Tidak ada. CTP..? ada dua. Terus Harganya? Kisaran 17 ribu sampai 25ribu/plat52,. Wow. dia bilang gitu cenah.

Rame? gak tau, saya mah cuma punya oliver saja. Rame atau enggak cuma tukang CTP yang tau. Saya mulai "curiga sesion 2"  ternyata benar. Sekelumit tentang P, dia adalah pengusaha percetakan di kota P di Jawa Barat. Punya beberapa SM52 di Bandung, di Pekalongan, Semarang dan Jogya, masing masing 1 unit di setiap kota.

Hmmmmm......kenapa harus Tasik. Saya langsung tau maksudnya...? Kan ada Cirebon, atau Bekasi atau Tegal, atau apalah terserah, bukannya takut bersaing toh kita beda mesin, Oliver 1 warna VS SM52, menang nya mau dimana. hahahha.

Bukan..bukan takut kesaingin, tapi kenapa coba harus anda P dari luar kota. Apa gak ada nih orang lokal yang mau pasang SM52. Karena menurut cerita P, dia hanya mau install SM di kota yang belum ada SMnya Cirebon udah ada ternyata, Bekasi apalagi pabalatak dan dari sekian kota, Tasikmalaya termasuk kota dengan tingkat harga ongkos cetak paling tinggi di Jawa.

Bandingkan dengan Bandung 240ribu+plat, Yogya 240+plat, Jakarta lebih gila lagi 220+plat, yang jadi menariknya Tasikmalaya 220 tanpa plat.  Plat dihitung 100, jadinya 330 plus plat. Termasuk di saya juga pake oliver, harga maklun 220ribu belum plat.

Sungguh... yang lebih menarik katanya ada satu lagi kebiasaan percetakan di Tasikmalaya,.. tara ngotot. Kalau CTP udah salah dan salahnya secara teori dan praktek di pihak CTP, ya udah ganti lagi, bayar lagi. Kan enakkkk hahahaha.

Padahal di Bandung, pihak CTP bisa disalahkan karena misalnya platnya tidak rata rasternya, posisi salah atau apalah terserah yang jelas bisa di klaim. Shakira contohnya. P rupanya keceplosan ngomong Shakira CTP, tapi gak taulah.

Kenapa harus Tasik? Kembali saya ucapkan kepada P, dengan logat Sunda saya yg nyaring, orang sunda pasti tau kalo logat nyaring adalah nyungkun, hahahaha. Bayangin lu P pasang sm52+CTP di Tasik, jual samain dengan BDG, yang di Tasik aja ngos ngosan, saya sedikit merubah fakta. Biar diurungkan niatnya.

Tapi ternyata, tanya tanya dan diskusi ke saya cuma pembanding, sebelumnya dia telah survei duluan. Katanya pernah datang ke perusahaan percetakan M di Tasik yang lokasinya di Jl. Cipedes, tanya harga CTCP dan Percetakan A di Mitrabatik tanya tanya juga, beuhhh ternyata saya cuma pembanding data saja. Hahahaha

Tapi mau gimana lagi, biarlah iklim percetakan Tasik lebih cepat, diatas rata rata kecepatannya. Ada SM52 1 saja, apalagi plus CTP, beranilah maklun ge. Tapi angger we teu ridho, mun bisamah kuurang, hahahhahaha.

Mau dikata apa lagi, cuma mau bilang, selamat datang di Tasikmalaya. Lihat saja banyak pendatangan yang sukses bisnis percetakan di Tasikmalaya. Semoga bisa bertahan dan sukses seperti mereka.

Kapan P? 2015... Alhamdulillah kirain minggu ini. Mudah mudahan kalian percetakan lokal termasuk saya, berdoa mudah mudahan orang lokal yang duluan punya sm52. Aminnnnnnnnn. Gak mahal mahal amat kok, kisaran Rp2,6M yang baru dan Rp1,4M yg recondisi yg gtov Rp800 jutan. Silahkan hehehehe. (Tulisan Tendi/Tendi Graphia Offset)