Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waralaba Kedai Kopi Bisa Jadi Pilihan Usaha Anda

EKONOMI KREATIF – Salah satu minuman panas paling banyak diminum di seluruh dunia salah satunya kopi. Tak heran jika kedai kopi bermunculan, mulai kelas premium hingga kopi kaki lima. Mulai harga puluhan ribu per gelas hingga Cuma Rp1,500 per gelasnya.

Kini bisnis kedai kopi bukan saja didirikan secara tradisional. Banyak pengusaha yang mengambil langkah bisnis besar kedai kopi dengan membuatnya sebagai waralaba atau kemitraan. Mereka menawarkan waralaba kedai kopi dengan  harga  variatif dan janji keuntungan maksimal.

Salah satunya Sebastian Coffee di Jakarta. Kedai kopi yang didirikan oleh Olan Sebastian tersebut mulai beroperasi bulan November 2010 dan menawarkan kemitraan tahun 2012 lalu.  Kini Sebastian Coffee sudah memiliki tujuh gerai dan tiga di antaranya berada di Jakarta.

"Kami juga sudah memiliki dua gerai kopi di China. Kopi dipasok dari perkebunan milik keluarga kami sendiri," ," ungkap Project Manager Sebastian Coffee, Stefani Stefani Sebastian seperti diberitakan Kontan, Rabu, 17 September 2014.

Varian produk  beragam pula, mulai kopi espresso hingga cappucinno. Makanan lain yang bisa di dapat di kedainya antara lain french fries, sandwich dan pasta. Harga kopi dengan lauk pauknya  mulai Rp 24.000 hingga Rp 38.000 satu porsi.

Investasi Waralaba Kedai Kopi Mulai Rp300 Juta

Harga kemitraan kedai Sbastioan Coffe  dibandrol mulai Rp300-Rp500 juta dan yang tertinggi Rp1 miliar. Paket tersebut calon mitra akan mendapatkan desaian interior meuble, mesin pengolah kopi, mesin kashir, set up  lengkap hingga pelatihan  krayawan serta bahan baku pembuatan kopi dan  makanan.

Sementara omzet yang dipeoroleh dari investasi kedai kopi Rp1 miliar, Sbastian mengklaim bisa mencapai Rp120 juta per bulannya.  Sedangkan paket omzet paket office building bisa mencapai Rp90 juta setiap bulannya.

Laba bersih yang bisa diperoleh antara 25%–30% dari omzet dan mitra dapat diperkirakan bisa balik modal sekitar dua tahun.

Kontrak kemitraan kedai kopi berlaku semala lima tahun dan  kemitraan dapat diperpanjang dengan membayar Rp 250 juta. Sementara biaya royalti  sebesar 5% dari omzet tiap bulannya.  Anda tertarik bisnis waralaba  kedai kopi?  Coba saja...!! (*)