Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Efektif Mengurangi Main Facebook di Kantor

EKONOMI KREATIF – Penggunaan facebook berlebihan telah menjadi musuh dalam dunia kerja di kantor. Betapa tidak seseorang adiktif facebook hanya menghabiskan waktu di kantor bukan untuk bekerja melainkan cuma bengong di hadapan komputernya sambil membalas atau sekedar chating di facebook.

Padahal menyelesikan masalah tidak hanya berhenti di dunia virtual. Banyak pekerjaan kantor yang mesti diselesaikan tatap muka dan tidak cukup hanya melalui facebook dan dunia maya.

Jika anda merasa kesal dengan aktifitas anda yang kurang produktif gara-gara main facebook, berikut  yang perlu anda lakukan :

Tidak Membuka Banyak Tab Salah satu alasan utama orang tergoda main facebook karena browser anda login terus-menerus pada facebook. Sebaiknya tutup login facebook di browser anda supaya tidak sesekali tergoda untuk membuka dengan cepat akses ke facebook anda.

Tutup Notifikasi Matikan pemberitahuan untuk menghindari terlibat dalam seluruh percakapan orang lain yang merespon komentar anda. Anda juga tidak mesti tahu setiap klik like orang laian atau seseorang yang komentar terhadap posting Anda.
Anda cukup main Facebook pada akhir hari dan melihat semua notifikasi satu kali, daripada melihatnya setiap kali notifikasi masuk. Hal itu mengakibatkan anda kurang produktif dalam bekerja.

Berbicara Dengan Rekan-rekan
Anda sebaiknya melakukan percakapan nyata dengan rakan di tempat kerja. Jika Anda memiliki waktu luang, bergaul dengan orang-orang di tempat kerja dari pada mengobrol dengan orang-orang secara online!

Pergi ke kantin dan berteman dengan orang-orang dari departemen lain sambil minum kopi. Menghabiskan istirahat Anda di dunia nyata daripada dunia maya!

Mengurangi nge-Game

Banyak orang lebih sering menggunakan permainan di facebook. Maka sebaiknya, anda bermain game seteleh bekerja  baik di ponsel maupun di tablet?

Semakin banyak game yang Anda mainkan, semakin banyak permintaan teman untuk bermain gama dengan anda. Dan itu artinya Anda akan lebih banyak tergoda untuk memeriksa hal-hal lain selain pekerjaan.

Hindari Posting Setiap Kegiatan Anda tidak perlu memberitahu dunia setiap kegiatan. Semakin sedikit Anda posting, semakin sedikit interaksi dan semakin sedikit reaksi yang Anda dapatkan dari orang-orang. Hal itu pula secara otomatis akan mengurangi waktu anda di Facebook.

Jika anda lakukan tips di atas berhari-hari, secara tidak langsung anda menyadari bahwa menghabiskan waktu di dunia virtual hanya memotong waktu untuk bertemu dengan orang-orang secara nyata. Anda juga akan jauh lebih fokus pada pekerjaan dan menjadi lebih produktif serta efisien. (sumber : magforwomen)