Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Survai BI, Awal 2015 Kredit Diperkirakan Melambat

EKONOMI KREATIF –  Berdasarakan survai perbankan yang dilakukan oleh Bank Indonesia, pada Triwulan I 2015 para responden survei memperkirakan, pertumbuhan kredit mengalami perlambatan.

Hal itu seiring dengan masih rendahnya kebutuhan pembiayaan dari nasabah. Sementara, untuk tren kenaikan suku bunga kredit diperkirakan masih berlanjut pada Triwulan I 2015.



Survai yang dilansir laman BI (12-01-2015) tersebut, responden juga memperkirakan rata-rata suku bunga kredit modal kerja, kredit investasi dan kredit konsumsi pada Triwulan I 2015 akan mengalami kenaikan masing-masing sebesar 11 bps, 16 bps, dan 7 bps.

Responden survei memperkirakan rata-rata pertumbuhan kredit tahun 2015 sebesar 15,7%, lebih tinggi dibandingkan realisasi pertumbuhan kredit 2014 (s.d. November 2014) sebesar 11,9% (yoy).

Perkiraan membaiknya kondisi ekonomi menjadi pendorong utama menguatnya optimisme terhadap pertumbuhan kredit 2015, meskipun suku bunga kredit dan resiko penyaluran kredit masih cukup tinggi.

Sementara, hasil Survei Perbankan Triwulan IV 2014 mengindikasikan menguatnya pertumbuhan kredit baru. Peningkatan permintaan kredit terutama terjadi pada sektor konstruksi sejalan dengan semakin banyaknya proyek pembangunan baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun swasta. (sumber : bi go id)

Posting Komentar untuk "Survai BI, Awal 2015 Kredit Diperkirakan Melambat "