Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Pembesaran Ikan Gurame Sangat Prosfektif

EKONOMI KREATIF - Ikan jenis Gurame salah satu ikan air tawar yang paling banyak diminati masyarakat. Walaupun harga ikan gurame termasuk mahal, namun permintaan jenis ikan tersebut cukup tinggi termasuk di Kota Tasikmlaya.

Patani budi daya pembesaran Gurame di Tasikmalaya menyebutkan, permintaan gurame datang dari berbagai daerah termasuk dari kota-kota besar seperti Bandung dan Jakarta.

Kondisi tersebut menempatkan ikan gurame sebagai jenis ikan yang paling prospektif dalam hal peluang usaha masyarakat.

IKAN GURAME (foto: usahabudida.com)

Sayang, dalam kondisi pasar yang cukup prospektif, tidak banyak orang yang menekuni usaha perikanan gurame secara profesional dan berorientasi komersial. Sehingga produksi pembesaran ikan gurame Tasikmlaya belum mampu memenuhi permintaan lokal juga regional.

"Kalau untuk permintaan saya kira Cikurubuk saja perharinya bisa mencapai 2 ton ikan,” ungkap Ade Mulyadi, petani pembesaran ikan di Kec.Indihiang Kota Tasikmalaya.

Di Tasikmlaya lanjut Ade, pembudidayaan ikan gurame baru pada tahap pembenihan dan pendederan. Sedangkan untuk pembesaaran masih belum ada sehingga kebanyakan pemenuhan konsumsi ikan gurame di Kota Tasikmalaya masih mendatangkan gurame dari daerah lain.

"Untuk mencoba ke  usaha budidaya pembesaran ikan gurame membutuhkan biaya cukup besar.Untuk satu kelompok tani saja biayanya bisa mencapai Rp 100 juta," katanya.

Untuk itu lanjut dia, pihak petani ikan di Kota Tasikmalaya kini sedang berkonsentrasi untuk bisa mendatangkan investor baik perorangan maupun lembaga termasuk dari perbankkan.

"Kalau minta dari pemerintah saya kira tidak mungkin dan persyaratannya-pun sangat ribet sehingga kami memikirkan infestor diluar pemerintah," kata Ade. (*)

Posting Komentar untuk "Bisnis Pembesaran Ikan Gurame Sangat Prosfektif"