Home » » Rajapolah, Pusat “Berpolahnya” para Perajin Kreatif

Rajapolah, Pusat “Berpolahnya” para Perajin Kreatif

EKONOMI KREATIF - Industri kerajinan berbahan baku rotan berikut aneka jenis produknya telah dikenal sebagai suatu industri yang sangat khas dari Indonesia.Produk rotan Indonesia telah dikenal dan melanglang ke berbagai negara.
Meski beberapa waktu lalu industri rotan agak lesu, namun kini mulai bangkit kembali. Berbagai industri rotan mulai melemparkan produk unggulannya kepasaran. Berbagai even baik dalam negri maupun luar negri kerap diikuti para perajin.

Di Jawa Barat, salah satu sentra kerajinan di Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya. Tempat ini merupakan sentra industri kerajinan baik dari bambu, rotan, mendong, lidi, pandan,kayu, bambu, kulit hingga eceng gendot dan bahan baku kerang laut.

"Jalan-jalan ke Tasikmalaya, rasanya tidak akan puas kalo tidak mampir dulu ke Rajapolah. Berbagai produk kerajinan yang dijual di rajapolah punya daya tarik tersendiri dan sangat cocok untuk pelengkap dan pemanis perabot rumah tangga," ujar Ny.Tini, warga Bogor pecinta seni kerajinan ketika belanja kerajinan di Rajapolah.

 

ilustrasi

Hampir seratus toko kerajinan berjejer sepanjang Kec. Rajapolah. Dengan display serta desain toko yang ditata sedemikian rupa, menampilkan berbagai kerajinan yang unik dan antik. Membuat setiap orang yang lewat tertarik untuk singgah dan melihat-lihat berbagai kerajinan yang ada ditoko-toko tersebut.

Salah seorang pedagang toko kerajinan Rajapolah Ogi mengatakan, selain di Rajapolah kerajinan Rajapolah biasanya banyak dijual di tempat-tempat wisata di Jawa Barat. Kerajinan Khas Rajapolah banyak dijual di tempat-tempat dan pasar-pasar wisata di kota-kota di berbagai daerah di Tanah Air.
"Kerajinan khas Rajapolah Dengan berbagai keunikan dan ciri khasnya memang sangat cocok jika dijadikan oleh-oleh sepulang dari tempat wisata.  Barang-barang itu biasanya mereka jadikan kenang-kenangan dan sangat bagus dijadikan sebagai pelengkap barang rumah tangga," ujarnya.

Menurut Ogi, kerajinan khas Rajapolah tidak hanya disukai masyarakat atau wisatawan domestik melainkan disukai wisatawan luar negri yang sedang berkunjung ke Indonesia. (*)

0 komentar: