Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dengan Speedy Instan Download Lagu dan Film Sekaligus Sangat Cepat







EKONOMI KREATIF - Salah satu layanan yang saya sukai dari akses Internet Telkom, bisa berlangganan ritel harian dan membayar sesuai kebutuhan (pay as you use = PAYU) tanpa bayar abonemen bulanan. Namanya layanan speedy instant. Meski saya bukan pelanggan bulanan, dengan membeli Rp5000 Speedy Instan Card sudah dapat mengakses internet seharian penuh sepuasnya.

Hebatnya lagi, dengan dengan Speedy Instan Card melalui Wi-Fi atau acces point point, akses data bisa mencapai 100 MB/detik karena tersambung pada fiber optik.   

Pertama kali saya menggunakan layanan speedy instan pada saat pelatihan Telkom Broad Band yang diadakan oleh Telkom Wilayah Timur Jawa Barat dengan peserta para jurnalis, bulan Desember 2013 lalu.

Tempat pelatihan di ruang Broadband Telkom di SMK Sariwangi, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya.  Pelatihan berlangsung pada saat serah terima ruangan Broadband Telkom kepada pihak sekolah serta peresmian yang langsung oleh Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum.

Semua peserta mendapat bagian Speedy Instan Card. Kartu berwarna  merah menyala tersebut berisi user name dan password untuk login layanan speedy instan. Tanpa hambatan berarti, menggunakan layanan speedy instan dengan speedy instan card sangat mudah. 

Tanpilan Browser Speedy Instan 
Semua komputer di ruang itu sudah terkoneksi ke Wi-Fi yang terpasang di sudut ruangan. Begitu membuka browser, dengan sendirinya web terbuka untuk memasukkan user name dan pasword. Jangan lupa, untuk mendapat pasword, kartu harus digosok terlebih dahulu supaya paswordnya terlihat.

Setelah user name dan pasword dimasukkan, langsung saja enter atau klik fitur login pada layar komputer. Komputerpun sudah terkoneksi ke internet dan siap digunakan berselancar di dunia maya.

Setelah pelatihan itu, saya selalu menggunakan layanan speedy instan. Kebetulan, beberapa hari setelah pelatihan, di kantor PWI Tasikmalaya dipasangi Wi-Fi atau acces point oleh Telkom. Koneksinya sangat cepat karena menggunakan sambungan fiber optik.

Melihat ukuran kecepatan internet sangat sederhana. Ketika membuka video di youtube misalnya, tanpa bupper sedikitpun. Demikian juga saat dowload beberapa file lagu dan film digabungkan sekaligus dapat disedot kurang dari 5 menit.

Karena tidak berlangganan bulanan, setiap kali menggunakan Wi-Fi di kantor PWI, saya selalu menggunakan kartu perdana Speedy Instan Card seharga Rp5000, bisa digukana selama 24 jam. Cara mendapatkannya sangat mudah karena tersedia di OB kantor. Lumayan juga bagi OB tersebut, ada keuntungan sebagai tambahan uang jajan  ari kelebihan penjualan Kartu Speedy Instan. Tak jarang, saya juga menggunakan kartu milik teman jika mereka selesai menggunakannya. Lumayan ngirit..he2.

Cara memasukkan username dan pasword dari kartu speedy instan  
Dengan koneksi internet cepat dengan kapasitas besar,  acces point di kantor PWI ini menjadi favorit para wartawan TV yang setiap hari mengirim file besar berupa gambar vedeo.

Biasanya para junalis mengirim berita untuk koran atau TV kepada kantor pusatnya masing-masing di Jakarta, mulai jam 12:00 WIB siang sampai jam 3 sore.

Sebenarnya, acces point seperti yang terpasang di kantor PWI, tersedia juga di lokasi-lokasi publik lainnya. Seperti di sekolah, mall, cafe, supermarket hingga alun-alun kota. Dengan berbekal kartu speedy instan, kita bisa mengakses di mana saja dan kapan saja sepanjang tersedia acces point dan kartu masih berlaku. 

Menurut press release Telkom Wilayah Timur Jawa Barat, data terakhir di Priangan Timur terdapat 1500 hospot. Terbanyak terpasang di sekolah-sekolah serta perguruan tinggi dan ruang publik.

Secara nasional, akhir tahun 2013 Telkom mentarget 1 juta pemasangan access point. Tujuannya, selain memperbesar cakupan bisnis penjualan akses data juga memberi layanan akses internet berkualitas kepada masyarkat dengan harga terjangkau.
Layanan Instan, Kuota Besar

Speedy Instan merupakan layanan Speedy dengan koneksi normally open yang dipasang pada pelanggan yang mengikuti program broadband ready. Dengan layanan sepeedy instan, seperti disebutkan di muka, para pelanggan termasuk saya dapat menggunakan layanannya setiap saat sesuai kebutuhan (pay as you use = PAYU) tanpa harus bayar abonemen bulanan.

Sehingga bagi yang sudah menggunakan layanan akses data dari provider lain tidak harus membeli perangkat modem tersendiri.

Untuk mengakses layanan speedy instan, kita harus memiliki kartu prabayar speedy Instan atau Speedy Instan Card. Kartu tersebut merupakan kartu perdana yang berisi user name beserta password untuk digunakan saat login ke akses internet broadband di Speedy Instan, Speedy Hotspot, maupun Indonesia Wifi (@wifi.id).


Kartu tersebut bisa didapatkan seharga Rp5000 baik di Plasa Telkom di outlet-outlet yang bekerja sama dengan PT. Telkom. Biasanya, di setiap tempat acces point tempat pemasangan perangkat Wi-Fi, selalu tersedia. Seperti pada pemilik kafe atau pihak yang bertanggungjawab saat pemasangan perangkat acses point tersebut.

Selain itu, menggunakan layanan akses speedy instan juga bisa dengan speedy instan elektrik atau speedy instan  8108. Fungsinya sama, yakni untuk mendapat username dan password yang bisa digunakan di jaringan Speedy Instan, Speedy Hotspot, dan Indonesia Wifi (@wifi.id)  

Cara mendapatkannya sangat mudah. Yakni dengan, Ketik SMS: NET [spasi] 5000, kirim ke 8108. SMS yang dapat dilakukan dari nomor TelkomFlexi dan Telkomsel baik Kartu Halo, simPATI, dan Kartu As.

Jika username dan password sudah didapat dari balasan SMS tersebut, lalu dapat digunakan untuk login pada fitur yang tersedia di browser. Biaya speedy instan elektrik sama, hanya Rp 5000/hari. (*)

2 komentar untuk "Dengan Speedy Instan Download Lagu dan Film Sekaligus Sangat Cepat"

RB 28 Mei 2014 pukul 07.47 Hapus Komentar
mantap infonya
autoklik 28 Mei 2014 pukul 12.25 Hapus Komentar
yup, silahkan kalau mau coba