Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Catat,..!! Ini Dia Negara-Negara Terbaik dan Terburuk untuk Berbisnis

EKONOMI KREATIF – Anda pebisnis multi nasional? Sepertinya anda harus berhitung secara utuh jika akan berinvestasi di neger-negeri di bawah ini. Sebab selain ada negara-negara yang aman dan terbaik untuk berbisnis, terdapat juga negara yang buruk untuk bisnis.

Ingin tahu negara terbaik dan terburk untuk bisnis? Negara mana saja itu?
Diberitakan Liputan6 mengutif sebuah rilis Bank Dunia bertajuk Doing Business 2015, Rabu (29/10/2014) dengan daftar 189 negara untuk bisnis.

Negeri Singapura, merupakan daftar tertinggi negara terbaik untuk berbisnis selama sembilan tahun berturut-turut. Sedangkan Indonesia masuk pada posisi 114, jauh di bawah negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand.

Penetapan ranking negara tersebut menggunakan  variabel seperti waktu yang dibutuhkan untuk membuka atau menutup usaha, cara mendapatkan izin konstruksi, pembayaran pajak dan pasokan energi. Selaian itu, waktu pengiriman barang ekspor dan impor (distribusi) dan lainnya.

Survei serupa pertama kali diterbitkan tahun 2004. Tahun ini diperluas mencakup kota bisnis terbesar kedua di negara-negara yang memiliki lebih dari 100 juta penduduk.

Nah, berikut ini daftar negara yang menempati peringkat 10 besar terbaik. Sbeliknya, 10 negara dengan peringkat terburuk untuk berbisnis di dunia:

Peringkat terbaik:

1. Singapura

2. Selandia Baru

3. Hong Kong

4. Denmark

5. Korea Selatan

6. Norwegia

7. Amerika Serikat

8. Inggris

9. Finlandia

10. Australia


Sedangkan negara dengan peringkat terburuk untuk bisnis yakni:

189. Eritrea

188. Libya

187. Republik Afrika Tengah

186. Sudan Selatan

185. Chad

184. Republik Demokratik Kongo

183. Afghanistan

182. Venezuela

181. Angola

180. Haiti. (Nrm)

Inilah hasil survai negara terbaik dan terburuk untuk tujuan bisnis. Jika anda pebisnis multi nasional sebaiknya berfikir ulang untuk melanjutkan berbisnis atau tidak di negara bersangkutan (sumber :liputan6)