Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jualan Online, Sabarlah Melayani Seabreg Pertanyaan Calon Pembeli

EKONOMI KREATIF – Jualan secara online memang menyenangkan. Kalau sedang beruntung, tiba-tiba di ujung telpon seseorang meminta nomer rekening untuk transfer sejumlah uang untuk pembelian barang. Mereka tanpa  banyak tanya tentang produk karena sudah seksama memperhatikan informasi produk yang tertera pada blog atau web site.

Tak lama kemudian, transfer pembayaran sudah masuk di rekening. Saya pun langsung proses order barang,  mengemas, mengirim kepada kantor jasa ekspedisi atau Pos. Saya pun tinggal ngitung untung.

Namun tentu saja itu hanya kisah menyenangkan. Bisnis tetaplah bisnis, tak semudah yang dibayangkan. GIliran enak dan mudah ya enak dan menyenangkan, giliran pahit ya pahit.  Banyak cerita yang menyertai bisnsi online. Bisa dibohongi calon pembeli hingga anda harus mengalami tertipu meskipun adan sudah sangat hati-hati melayani  calon pembali.

Dan salah satu yang mengesalkan dalam bisnis online, ketika calon pembeli cuma nanya. Bisa berhar-hari nanya terus, kapan mau ordernya. Saya sering mengalami hal itu. Meski kadang kesal. Namun harus ingat, bisa jadi mereka calon pelanggan terbesar dalam sejarah bisnis online kita.

Apalagi ketika kita sedang sibuk. Pekerjaan lain dikejar dedline, mengendari kendaraan atau sedang keperluan mendesak. Sementara SMS calon pelanggan bertubi-tubi seperti tidak memahami apa yang kita sampaikan.

Saya sering mengalami hal itu. Kemarin, entah berapa jam calon pelanggan tersebut minta informasi produk yang saya jual. Mulai harga, minta discount hingga bertanya berapa fee yang saya berikan karena dia untuk menjual kembali. Setelah deal harga, deal fee pesanan tak kunjung datang.

Namun tenang saja, dalam menghadapi calon pembeli seperti ini. Anda jangan naik pitam. Bisa jadi saat ini mengesalkan, namun di minggu depan, bulan depan bahkan tahun depan, mereak tiba-tiba memaksa minta nomer rekening untukk membayar barang yang anda tawarkan. Saya juga sering mengalami seperti ini.

Menghadapi calon konsumen seperti ini, kuncinya kesabaran. Anda juga sebisa mungkin menyediakan informasi pada website secara lengkap sehingga calon pembeli mudah mengetahui harga dan spesifikasi barang. Namun kalau calon pembeli keukueh ingin mendapat informai langsung, harus dilayani baik melalui SMS ataupun melalui telpon.

Komunikasi melalui telpon juga memudahkan kita mengetahui kepenasaran calon pembeli. Sehingga pertanyaan langsung bisa dijawab sesegera mungkin tanpa terhalang waktu untuk ketik SMS atau BBM.Maka jadikan pulsa anda sebagai modal memprosfek calon konsumen supaya mereka lebih meraa dilayani.

Inilah salah satu cara melayani calon konsumen online. Kuncinya sabar melayani setiap pertanyaan. Meski terkadang mengesalkan, anda harus ingat, bisa jadi mereka calon pelanggan dengan pembelian terbesar dalam bisnis online yang anda jalankan. O iya baca juga Ide Bisnis Restoran Online. (*)