Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keren Banget, 2 Karakter Animasi Indonesia Dapat Penghargaan Kelas Dunia

EKONOMI KREATIF  - Patut dibanggakan bagi kreatif anak muda Indonesia khususnya dalam bidang kartun animasi. Betapa tidak, keberhasilan tersebut mampu menempatkan dua karakter animasi Indonesia meraiah juara dunia. Hal itu setelah keduanya mengikuti ajang kompetisi animasi international di Jepang belum lama ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu seperti diberitakan Antara, Kamis (2/10/2014) lalu, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta mengatakan, dua karakter lokal Indonesia tersebut yakni Salim & Silmy karya Royas Amri Bestian dan animasi Hebring karya pasangan Andi Martin dan Marlin SugamaMasing-masing meraih Special Jury Award dan meraih juara kedua dalam ajang tingkat dunia.

"Dua karakter lokal Indonesia menang dalam ajang ASEAN Character Award. Acara pemberiaan hadiahnya bersamaan dengan event Tokyo Game Show 2014 di Jepang," katanya.

Kemenangan tersebut  menurut Mari Elka, menggambarkan semakin menggeliatnya industri kreatif di tanah air. Menurutnya, semester pertama 2014, nilai tambah yang diciptakan oleh sektor ekonomi kreatif diestimasi mencapai Rp111,2 triliun.

Penyumbang nilai tambah tertinggi antara lain subsektor mode, kuliner, kerajinan, serta penerbitan dan percetakan. "Keempat subsektor itu erat kaitannya dengan sektor pariwisata,” kata dia.

Menteri menambahkan, estimasi Pusdatin Kemenparekraf, ekspor karya kreatif Indonesia hingga tengah tahun 2014 mencapai Rp63,1 triliun atau tumbuh sebesar 7,27 persen dibandingan periode yang sama pada tahun 2013.

Pertumbuhan tertinggi, dicapai oleh subsektor kerajinan dengan laju pertumbuhan ekspor sebesar 11,81 persen, diikuti mode dengan pertumbuhan 7,12 persen, periklanan 6,02 persen, dan arsitektur 5,59 persen. (sumber: antara)