Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Usaha Rumahan, Produksi Hiasan Huruf Kayu yang Warna-Warni

EKONOMI KREATIF  - Salah satu ide usah yang mungkin bisa anda lakukan di rumah, atau usaha rumahan produksi hiasan yang terbuat dari kayu dalam bentuk angka-angka atau huruf. Pembuatan sesuai pesanan baik dalam ukuran, fariasi huruf atau warna-wanri cat kayu.

Memang ide usaha pembuatan hiasan dari kayu tersebut bukanlah barang baru. Sudah banyak pelaku usaha di bidang yang sama.  Namun demikian, usaha seperti ini relatif terbuka lebar karena pertumbuhan masyarakat juga kebutuhan terhadaphiasan akan semkin besar.

Salah satu pelaku usaha yang fokus membuat aneka kreasi huruf tersebut, Agus Suhari di Ciputat – Tangerang, telah merintis usaha sejak 2005 lalu.
Dia menyebutkan, mulai usaha Kreasi Wood dari lapak kaki lima. Setelah usaha setahun berjalan, ada konsumen yang meminta dibuatkan nama dari kayu untuk pajangan rumah, dari situlah ia mulai memproduksi huruf kayu.

“Proses pembuatan huruf kayu sama saja dengan pembuatan nomor rumah. Jika nomor rumah bentuknya polos, saya memoles permukaan huruf kayu dengan cat warna-warni,” ujar Agus seperti diberitakan Bisnis Com.
Agus memproduksi aneka huruf-huruf kayu tersebut di bengkelnya di daerah Ciputat, Tangerang. Ia masih menggunakan peralatan sederhana, gergaji manual tipe jig saw.

Dengan alat tersebut ia memotong papan kayu menjadi  berbagai bentuk huruf dan angka yang diinginkan konsumen. Agus juga membebaskan konsumen memilih jenis kayu sesuai kemauan mereka. Namun, dia merekomendasikan jenis medium density board (MDF).

“Permukaan MDF lebih halus ketimbang kayu lain. Harga MDF juga terbilang lebih terjangkau. Selain MDF, konsumen ada yang memesan mahoni dan jati belanda,” kata Agus.

Agus juga memperomosikan produk Kreasi Wood di internet melalui www.kreasiwood.blogspot.com. Setiap ada produk yang baru ia mengunggah foto-foto beberapa untuk menarik minat calon pembeli. Kini pelanggan Agus bukan hanya pemilik rumah, tetapi mulai pengusaha café, restoran dan perusahaan.

Kini Agus, rata-rata mampu memproduksi 150—200 hiasan huruf kayu setiap bulan. Harga kreasi huruf kayu mulai Rp2500—Rp600.000 untuk tiap huruf dengan keuntungan 30%—50%.

Demikian salah satu ide usaha rumahan yang mungkin bisa anda lakukan. Jika tertarikd engan ide usaha rumahan tersebut silahkan praltikkan dan sebarkan keapda yang lain. (sumber: bisnis com)

Posting Komentar untuk "Ide Usaha Rumahan, Produksi Hiasan Huruf Kayu yang Warna-Warni "