Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Pekerjaan yang Cocok Buat Mahasiswa







EKONOMI KREATIF – Banyak para mahasiwa yang ingin  hidup mandiri dengan mencari uang dari hasil keringatnya jangan sampai membebani orang tua dalam membiayai kuliah yang tidak murah.

Selama ini, sudah banyak kisah mahasiswa yang menghasilkan uang sendiri. Akan menjadi kebanggaan serta kepuasan tersendiri jika itu anda di dalamnya. Minimal sudah belajar mencari uang sebelum benar-benar  bekrja seteleh lulus kuliah.

Buktinya, banyak sekali pengusah muda sukses, yang ternyata meraka menjalankan usaha sejak di bangku kuliah.  Dengan demikian, kuliah atau bahkan pelajar, tak ada alasan untuk tidak mencoba mencari penghasilan sendiri.
Ada beberapa pekerjaan yang cocok untuk mahasiswa.

Berjualan Secara Oline.

Tren penjualan produk di dunia maya kini semakin  merebak. Mulai peroduk elektronik, pakaian, gadget hingga makanan cepat saji banyak terjual di internet. Mulai lingkungan sendiri hingga ke mancanagera.

Kelebihan jualan di internet, tidak mesti memiliki gudang. Modal foto barang orang lain, ketika ada pesanan lalu dikirim. Kemudahan dari bisnis ini, didukung dengan merebaknya komunitas bisnis seperti di Facebook atau twitter dan blog.

Sebagai mahasiswa tentu harus melihat peluang usaha apa yang mesti dijalankan. Misalnya menjual produk-produk terkait dunia pendidikan atau produk lebih luas lagi yang bisa diguakan oleh semua orang.

Menjadi  Publiser Iklan

Menjadi publiser seperti dari google adsense menjadi cita-cita para blogger. Mereka mendapat uang dari cara mengiklankan unit-unit iklan dengan bayaran Pay Per Clik (PPC). Banyak sekali publiser yang sudah sukses di bidang ini, dengan penghasilan mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah per bulan.
Modal juga cukup mudah. Saat ini hampir semua mahasiswa bahkan pelajar SMP sudah memiliki laptop dan  modem untuk internetan. Minimal, kedua modal ini sebagai awal untuk terjun sebagai publiser dalam mencari uang.

Sebagai Ghos Writer

Ghos writer secara  harpiah  diartikan “Hantu Penulis”. Namun maksud ghos writer di sini, sebagai penulis yang  namanya tidak disebutkan.  Saat ini, dengan maraknya blog-blog, para blgoger itu  membutuhkan tulisan untuk mengisi konten blognya.

Mereka tidak hanya megelola satu blog untuk mendulang dollar, sehinga butuh banyak tulisan dengan berbagai tema. Sayaratnya tentu harus bisa menulis seperti review produk otomotif, gadget atau produk elektronik bahkan menulis berita seperti wartwan.

Bila ingin menjadi penulis di blog, cibalah bergabung menjadi member web site yang menyediakan lowongan penulis. Bisanya tulisan kita dibayar per sekian puluh tulisan, atau harga tulisan satuan mulai Rp3000/tulisan hingga 10.000/tulisan bahkan lebih besar untuk web-web eklusuf.

Kontirbutor Berita

Perkembangan media online, cetak dan TV semakin pesat. Kebutuhan persaingan, kecepatan informasi semakin mendesak. Maka dibutuhkan para kontributor untuk menjangkau berbagai lapisan informasi yang terjadi.

Hanya saja, karena media sebagai lembaga usaha, mereka tidak mungkin menyimpan wartawan di setiap kota. Solusinya, perusahaan media tersebut mengangkat kontributor wartawan untuk meliputnya. Bedanya dengan wartawan reguler, kontributor dibayar sesuai berita yang dikirim dan dimuat. 

Dengan demikian, perusahaan media tersebut tidak  merasa terbebani dengan gaji wartwan (kontributor) di daerah sebab dibayar jika melaporkan berita saja. Produkifitas wartawan kontributor, akan mementukan besar kecilnya honor yang didapat.

Sebagai mahasiswa, tentu sedikit banyak akan punya waktu jika suatu saat ada even yang layak diliput dan dikirim kepada media di mana dia sebagi kontributornya. Untuk menjadi kontributor, cobalah datang ke perushana media yang dituju atau serching di internet.  

Masih banyak cara untuk mencari  pekrjaan tambahan yang cocok bagi mahasiswa. Yang terpenting ada kemauan untuk hidup mandiri. Setiap kemauan tentu ada jalan dan setiap jalan perlu dilewati. (anep paoji)  


2 komentar untuk "Inilah Pekerjaan yang Cocok Buat Mahasiswa"

Albee 31 Maret 2018 pukul 12.43 Hapus Komentar
bisnis online memang paling ajib buat mahasiswa yang mau nambah uang saku.terimakasih gan :)
Anonim 21 September 2018 pukul 03.11 Hapus Komentar
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.