Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perusahaan HP Akan PHK 16.000 Karyawan



EKONOMI KREATIF – Perusahaan teknologi raksasa Hewlett-Packard (HP) mengumumkan akan memberhentikan atau mme-Putus Hubungan Kerja (PHK) antara 11.000 hingga 16.000 karyawan perusahaannya.
"Tidak ada perusahaan yang suka untuk mengurangi jumlah tenaga kerja mereka, dan kami juga menyadari bahwa ini sulit bagi karyawan," kata CEO Meg Whitman dalam conference call dengan para analis seperti dikuti telkomsolution.com, Senin (26/05/2014)
Saham Hewlett-Packard sempat merosot tajam sesaat setelah berita tersebut tersebar luas, meskipun akhirnya saham HP berhasil naik 5% pada Jumat.
"Saya bisa pastikan saham HP kembali stabil dan tetap pada jalur semestinya. Kami sedang membentuk HP menjadi perusahaan yang lebih gesit, murah, berbasis pada konsumen dan mencoba untuk memperluas kerja sama dengan para partner," sambungnya.
Perusahaan pembuat komputer pribadi terbesar di dunia ini mempekerjakan sekitar 317.500 orang di seluruh dunia pada akhir tahun lalu. Pada tahun 2012, dalam rangka restrukturisasi perusahaan, HP juga pernah melakuka perampingan perusahaan dan merumahkan 34.000 pekerja. Jika ditotal, maka dalam kepemimpinan Whitman, HP memotong hingga 50.000 pekerja dalam rencana restrukturisasinya.
Whitman mengambil alih posisi CEO HP pada akhir 2011, dengan mewarisi sebuah perusahaan yang sangat membutuhkan restrukturisasi. Sejauh ini, Whitman berhasil memimpin HP. Penjualan kuartal kedua HP turun sedikit dibandingkan tahun lalu, namun pendapatan naik dari USD1,1 miliar menjadi USD1,3 miliar.
Meski demikian, para analis tetap kecewa terhadap pertumbuhan penghasilan perusahaan pada kuartal dua yang jatuh sebesar 1% dibandingkan tahun lalu menjadi USD27,3 juta. Pergeseran perilaku konsumen yang kini menggunakan tablet dan ponsel menjadi isu utama HP, mengakibatkan penurunan penjualan komputer.
Menurut laman Wikipedia Indonesia, Hewlett-Packard Company NYSE dikenal sebagai HP merupakan salah satu perusahaan teknologi informasi terbesar dunia. Hewlett-Packard dibangun oleh dua orang yang bernama Bill Hewlett dan Dave Packard, Bermarkas besar di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Perusahaan tersebut memiliki pengaruh global dalam penggunaan di bidang komputasi, percetakan dan gambaran digital serta penjualan perangkat lunak dan pelayanan jasa lainnya.
Produk-produk HP yang snagat terkanal antara lain :
  1. Printer inkjet dan printer LaserJet, barang habis-pakai dan produk terkait lainnya.
  2. Sistem operasi HP-UX dan Tru64 , dua implementasi UNIX, yang kedua dari DEC.
  3. Sistem operasi server skala-besar dan kesediaan-tinggi OpenVMS (dari DEC)
  4. Sistem operasi dan arsitektur tepercaya NonStop (dari Tandem Computers)
  5. Arsitektur prosesor PA-RISC
  6. Arsitektur prosesor IA64 (dengan Intel)
  7. Arsitektur prosesor Alpha (dari DEC)
  8. Garis server dan workstation HP 9000
  9. Garis ProLiant x86 based servers (dari Compaq)
  10. UDC (Utility Data Center) dan produk lainnya. (berbagai sumber)

Posting Komentar untuk "Perusahaan HP Akan PHK 16.000 Karyawan"