Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Pertanda Anda Kecanduan Facebook

EKONOMI KREATIF – Kehadiran media sosial (medsos) di internet seolah-olah menjembatani berinteraksi sosial di dunia nyata. Bahkan teman-teman sekolah yang sudah berpuluh-puluh tahun tidak bertemu, dengan sengaja atau tanpa sengaja kembali dipertemukan   dalam facebook.

Perlahan, ngerumpi, bersosialisasi termasuk bisnis, bergeser dari dunia nyata ke dunia maya. Banyak dari facebooker menghabiskan waktu menatap layar kompuer atau smartphone hanya untuk membalas komentar atau chating ria dengan teman-teman.

Dan tahukah anda bahwa FB layaknya mengkonsumsi makanan “addictif”. Sebuah blog personalweb about com menulis, seseorang bisa dikatakan kecanduan facebook jika salah satu ini terjadi padanya.

Menghbaiskan Waktu di FacebookAnda menghabiskan lebih dari dua jam terus menerus berfacebook ria, berarti anda sudah masuk pada tahap kecanduan FB. Berbeda dengan sekedar nengok sesekali, itu  belum dikatakan kecaduan facebook.

Ganti Profil FB 3 Minggu SekaliDikatakan kecanduan FB, salah satunya mengganti foto profil minimal 3 kali seminggu. Padahal anda mesti menghabiskan waktu dengan keluarga, atau mengerjakan pekerjaan rumah serta mengerjakan pekerjaan rutin anda.

Cemas Jika tidak Upadate StatusAnda merasa cemas atau bersalah jika Anda tidak memperbarui status Facebook Anda setidaknya merasa wajib upadate status tiga atau empat kali sehari.

Update Status di Kamar MandiSaking tidak mau terpisah denga facebook, ke kamar mandipun anda membawa gadgat untuk update. Itu artinya anda sudah kecanduan facebook.

Binatang Peliharaan Anda Dibuatkan AkunAnda membuat account Facebook untuk anjing, kucing atau biatang kesayanga anda. Sesekali anda juga mengupdate seolah-olah status bagi  hewan peliaharaan anda. Itu artinya anda sudah keacanduan Faceebook.

Sering Terlambat Gara-gara Facebook Anda sering  terlambat bekerja, atau bisnis gara-gara terlantar di facebook. Alih-alih tergesa-gesa pergi kerja, malah update status “saya terlembat” terlebih dahulu. Hal itu juga menunjukkan anda kecaduan facebook.

Merasa tidak Punya Teman Di facebook sebenarya anda memiliki pertemanan 600 orang lebih. Namun Anda masih merasa resah atas apakah sudah cukup memiliki pertemanan sebenayak itu?

Jika dua atau lebih tanda-tanda di atas menggambarkan hubungan Anda dengan jaringan sosial, itu artinya anda telah kecanduan.  Langkah sederhana mengurangi kecanduan facebook, sibukkan dengan kegiatan offline seperti olahraga atau hangout dengan teman.

Kalau masih kecanduan, anda juga bisa mempertimbangkan untuk menghapus accunt facebook selamanya. (*)