Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Radar Tasikmalaya, Koran Terbesar di Priangan Timur

EKONOMI KREATIF – Salah satu koran terbesar Tasikmalaya dan Priangan Timur adalah Radar Tasikmalaya. Koran ini merupakan koran Grup Jawa Pos didirikan tahun 2004. Kini kantornya beralamat di Jalan SL Tobong 99 Kota Tasikmalaya. Radar Tasikmalaya membawahi Radar Garut, Radar Banjar, Radar Pangandaran.

Sebagai koran Grup Jawa Pos, Radar Tasikmalaya terbit setiap hari kecuali hari merah. Dulu awal beridiri tahun 2004 sampai 2007, Radar Tasikmalaya hanya terbit Senin hingga Sabtu dan minggu libur.

Segemntasi Radar Tasikmalaya untuk semua kalangan termasuk generasi muda. Dalam kop halamannya tertulis “Radar Tasikmalaya, Referensi Semua Generasi”. Ini dimaksudkan sebagai koran yang insinya relefan dibaca semua kalangan tidak hanya tua, muda, laki-laki atau perempuan saja.

Hal itu dapat dilihat juga dari sisi konten berita yang di muat di Radar Tasikmalaya.  Menurut pengelolanya, konten Radar Tasikmalaya 25 persen nasional dan 75 persen bermuatan lokal.  Mulai konten politik, live styl, hobi hingga olahraga dan remaja,  setiap edisi hadir.

Kelebihan Radar Tasikmalaya hemat saya, penampilan yang energik. Ini terlihat dari desain  setiap halaman yang agresif  terutama dari perpaduan gambar dan judul-judul tulisan. Salah satu trik manajemen di Grup Jawa Pos, memang menampilkan tampilan halaman yang “gebyar”.

Salah satu  halaman yang mendukung kegiatan usaha, halaman Ekonomi Bisnis terdapat pada halaman Ekbis Atau Eonomi Bisnis. Umumnya  berita yang ditampilkan di sini, seputar produk, review produk dan sejenisnya. 
Namun kekurangan dari koran lokal seperti Radar Tasikmalaya, seringkali terdapat kesalahan huruf bahkan kalimat-kalimat yang kurang pas.

Memang dalam penerbitan koran mulai pembuatan berita, semua tenaga bersaing ketat dengan waktu. Bila sumber daya tidak teliti bahkan kurang memahami esensi pemberitaan, bisa jadi kesalahan ketik dan kesalahan artikulasi kalimat sering terjadi.

Terlapas dari kekurangan dan kelebihannya, Radar Tasikmalaya kini telah menjadi salah satu koran terbesar di Priangan Timur. (*)
 


Posting Komentar untuk "Radar Tasikmalaya, Koran Terbesar di Priangan Timur "