Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Hadapi Klien Susah Bayar, Lakukan 7 Hal Ini

EKONOMI KREATIF – Dalam berbisnis kita menghadapi berabgai karaktor klien. Dari yang sikapnya tergesa-gesa, mudah meutuskan hingga yang sulit memberi keputusan.  Bahkan ada juga karakter klien yang susah ketika membayar pembayaran. Padahal kita berbisnis untuk mendapat hasil dan bukan sekedar memberi piutang pada orang lain.

Jika anda menghadapi klien yang sulit membayar, cobalah lakukan beberapa hal berikut, sehingga anda tidak dirugikan dengan klien yang tidak mau membayar.  Berikut ini tips dan trik daat menghadapi klien susah membayar seperti yang dilansir kabar24.

Dapatkan Pembayaran Penuh di Awal KontrakApabila memungkinan, minta klien langsung membayar total biaya di awal. Ini dapat terjadi bila klien Anda cukup besar dan Anda menawarkan diskon yang substansial. Pendekatan ini bisa berjalan dengan baik jika Anda memiliki reputasi kredibel sehingga klien juga tidak perlu khawatir.

Tidak Ada Uang, Order tidak Dikerjakan Jangan mulai bekerja tanpa pembayaran dan berhentilah jika klien tidak membayar sesuai tenggat waktu yang diberikan.

Angsuran Mudah
Semakin pendek jarak perbedaan waktu Anda menyelesaikan pekerjaan dan penerimaan pembayaran, semakin baik arus uang mengalir. Orang biasanya membayar setengah di awal dan di akhir. Namun, Anda bisa meminta pembayaran secara berkala, misalnya, minta mereka mencicil 10 persen dari total biaya tiap bulan.

Kirim Tagihan Secepatnya
Segera kirimkan tagihan saat Anda menyelesaikan pekerjaan. Klien jarang membayar dengan cepat.

Tindaklanjuti Pembayaran Lebih Cepat

Langsung tindaklanjuti pembayaran dalam waktu 15 hari. Anda bisa mengingatkan klien melalui email. Jika klien keberatan dengan pengingat Anda, coba tawarkan diskon untuk pembayaran yang lebih cepat.

Buat Personal
Jika sudah keterlaluan, cobalah mengirim email yang menyatakan Anda membutuhkan pembayaran segera karena membutuhkannya. Ceritakanlah jika anak Anda membutuhkan uang administrasi sekolah, atau biaya untuk menyewa kontrakan yang hampir masuk masa tenggat.

Sediakan Semua Jenis Pembayaran
Meski demikian, klien biasanya akan mengambil diskon terkecil yang Anda tawarkan dan melakukan pembayaran tepat pada hari yang mereka janjikan.

Banyak ahli menyarankan Anda untuk memberikan diskon sebesar 2 persen jika pembayaran dilakukan dalam waktu 30 hari dan memberikan bunga jika pembayaran terlambat.

Demikian beberapa tips untuk mendapat pembayaran yang cepat dari klien, sehingga  tidak terjadi piutang berkepanjangan.  Semoga menfaat.