Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Manfaat Jejaring Sosial untuk Bisnis

EKONOMI KREATIF - Pemasaran di media sosial mengacu pada penggunaan media sosial untuk tujuan pemasaran. Hal ini melibatkan dialog online atau interkasi percakapan melalui platform jaringan sosial.

Sedangkan hasil akhir dapat memperoleh pelanggan baru atau mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian. Pemasaran di media sosial bagaimana membangun hubungan interaktif dengan pelanggan potensial.

Kunci atau tujuan jangka dari pemasaran media sosial biasanya untuk menarik perhatian secara online  melalui lalu lintas kunjungan ke situs web. Atau menghasilkan klik like di Facebook, menarik pengikut di Twitter.

Kebanyakan, pemasaran online mengukur  keterlibatan atau interaksi online antara perusahaan dan para pengikutnya media sosial atau penggemar.

Definisi Marketing Social Media VS Pemasaran Sosial

Orang sering menggunakan frase pendek "pemasaran sosial" untuk merujuk pada "pemasaran media sosial" taktik seolah-olah dua frase yang identik, tapi benar-benar berbicara, memiliki arti yang berbeda.
Pemasaran sosial mengacu pada upaya pemasaran yang dirancang untuk mengubah perilaku dan mencapai perubahan sosial yang mungkin juga untuk kepentingan masyarakat. Pemasaran media sosial, bagaimanapun selalu melibatkan penggunaan media sosial itu sendiri.

Jenis Pemasaran Media Sosial

Jenis kunci dari pemasaran media sosial yang dilakukan oleh perusahaan mencerminkan jenis media sosial yang digunakan untuk keperluan pribadi oleh individu.  Diantaranya:
 

Blogs

Blog semakin digunakan oleh perusahaan untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan dan anggota masyarakat lainnya. Blog sangat murah dan mudah untuk mempertahankannya, serta memungkinkan perusahaan untuk bergabung dengan "blogosphere" di mana jutaan orang berkomunikasi bolak-balik melalui blog.  WordPress dan Blogger adalah dua platform perangkat lunak blog paling populer.

Microblogging.

Twitter adalah raja microblogging, dan pebisnis dirasa perlu memantau percakapan di Twitter. Sebagian besar perusahaan sering berpartisipasi dalam percakapan dengan tweeting secara teratur.

Sosial Networks

Facebook dan LinkedIn adalah dua jaringan sosial banyak yang digunakan untuk bisnis. Facebook mendorong perusahaan untuk menyiapkan halaman khusus dan LinkedIn mendorong perusahaan untuk perekrutan.

Sharing konten dan situs berita sosial  seperti Reddit, digg dan situs berbagi berita termasuk dalam kategori ini. Varian lain dari berbagi konten adalah situs bookmark sosial, yang meliputi StumbleUpon dan sangat visual, sangat populer Pinterest.

Review dan Opini Situs

Dari TripAdvisor untuk Yelp, ada banyak alasan situs yang ditujukan untuk ulasan pengguna bisnis. Perusahaan yang gagal memantau situs-situs tersebut akan kehilangan peluang bisnisnya yang sangat penting.

Geolocation Services

Foursquare adalah check-in aplikasi mobile yang menarik perhatian semua orang. Location apps juga sekarang telah tersedia untuk ponsel pintar, laptop, tablet dan komputer-komputer desktop tua

Dibayar Periklanan vs Pemasaran Gratis

Setiap situs media sosial utama menawarkan beberapa bentuk alat pemasaran gratis untuk bisnis, sebagian juga menawarkan pilihan iklan dibayar.  Ini merupakan ide yang baik untuk perusahaan sebagai alat pemasaran gratis di berbagai lapisan masyarakat di situs media sosial. Kemudian mereka membayarnya dari setiap iklan di media sosial. (sumber : personalweb[.]about[.]com)