Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Serunya Sharing Nge-Blog Bersama Ibu-Ibu Telkom Tasikmalaya

Nge-Blog bareng ibu-ibu 
di Telkom Tasikmalaya, Kamis (27/11/2014)
EKONOMI KREATIF – Kamis (27/11/2014) saya diminta seorang kenalan di PT Telkom Tasikmalaya untuk sharing soal menulis di blog.
Pesertanya ibu-ibu isteri pegawai telkom.

Dari pelatihan tersebut diharapkan, ibu-ibu bisa memanfaatkan media di internet seperti blog sebagai saran pendukung aktifitas. Misalnya untuk bisnis, bersosialisasi, penyebaran informasi hingga sekedar menyalurkan hobi menulis.

Dari sekian banyak peserta hanya  satu orang yang mengaku sudah punya blog sendiri. Itupun baru tahap bikin dan tidak pernah dibuka. Untuk email, setengahnya mengaku sudah punya email yang kebanyaan digunakan untuk pembuatan facebook.

Tegasnya, secara umum ibu-ibu ini masih dikatakan awam terhadap penggunaan blog. Padahal dari sisi fasilitas seperti laptop, gadget canggih, mereka sudah memilikinya. Bagi sebagian orang fasilitas tersebut sudah bisa mendatangkan banyak hal dari internet termasuk mendatangkan uang.

Dalam sharing itu, saya melakukan penelusursan sejauh mana pemahaman peserta terhadap  pemanfaatan internet khsusunya blog. Karena umumnya masih awam terhadap  dunia bloging, sayapun memutuskan hanya memandu permbuatan email sekaligus pembuatan blog.

Dalam waktu 4 jam, semua peserta berhasil membuat blog alakadranya. Meraka juga diberikan cara bagaiman mengedit blog, seperti tamplate,  judul blog, keterangan blog hingga membuat tag.

Hanya saja saya juga tidak begitu yakin jika setelah ke  rumah para ibu-ibu tersebut melanjutkan sendiri.  Belajar blogging  harus lebih banyak termotivasi oleh keinginan dari diri sendiri untuk berbagai tujuan.

Misalnya, ketika saya ingin membuat tampleta yang bagus seperti yangg seirng dilihat  di blog orang lain, saya mencoba mencari di mesin  pencari “Cara  Mengbah Template”, Tamplate Gratis  SEO Frendly”, misalnya. Banyak sekali blog-blog yang membahas tentang blogging mulai yang termudah hingga yang rumit.

Sebenarnya kalau kita mau belajar, cukup bermodal laptop, koneksi internet, kita cari cara-cara atau tutorial apapapun dari internet. Namun demikian, kegiatan sharing, kopdar sesama blogger akan menjadi salah satu pemicu semangat dan berbagi pengalaman.

Ketika punya masalah yang tidak bisa diselesikan sendiri, kita bertanya kepada teman, itu dampaknya akan  sangat terasa, ketimbang mendengr ceramah yang terkadang tidak terkait dengan situasai aktifitas blogging yang sedang kita hadapi.

Namun demikian, saya apresiatif terhadap ibu-ibu yang tidak dikatakan muda lagi itu, mereka mau belajar nge-blog. Mereka cukup aktif bertanya berbagai hal yang mereka belum diketahuinya, tanpa malu. Selama pertemuan suasana sangat mencair, terkadang mereka saling ledek sesama temannya “buka internet Cuma buat facebookan”, katanya. (*)  

Posting Komentar untuk "Serunya Sharing Nge-Blog Bersama Ibu-Ibu Telkom Tasikmalaya"