Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Tanggapan Pak SBY Soal Kondisi Ekonomi di Bawah Jokowi

EKONOMI KREATIF – Saat ini dilaporkan terjadi pelambatan pertumbuhan ekonomi di tanah air. Hal itu menjadi kekecewaan masyarakat terutama terkait kinerja Presiden Jokowi dan menterinya. Selain masyarakat biasa yang cemas dengan kondisi ekonomi, mantan Presiden RI Bapak SBY turut berkomentar melalui akun twitternya.

Ini petikan lengkapnya sbegai berikut :

Perbincangan masyarakat minggu ini didominasi oleh isu pelambatan ekonomi kita, dengan segala dampak & implikasinya.

Kecemasan atas memburuknya situasi perekonomian bukan hanya disuarakan oleh pelaku pasar, tetapi juga oleh masyarakat luas.

Sebaiknya kita tidak perlu panik. Keadaan seperti ini setiap saat bisa terjadi. Masa kini dunia ekonomi mudah & sering mengalami gejolak.

Yang penting, pemimpin dan pemerintah menyadari & mengakui bahwa memang ada persoalan yang harus ditangani secara serius.

Diperlukan gerak cepat & solusi yang efektif untuk atasi persoalan fiskal & APBN, pertumbuhan yang melambat dan kelesuan investasi & bisnis.

Juga harus diantisipasi kemungkinan meningkatnya pengangguran, serta gangguan terhadap kecukupan & stabilitas harga bahan pokok.

Kalau berbagai persoalan ini tidak ditangani secara efektif, bisa saja keadaannya menjadi lebih buruk. Ini harus kita cegah.

Bagi pemerintah, apapun opsi & kebijakan yang dipilih selalu ada plus & minusnya. Ada pro & kontranya. Tetapi tetap harus diambil.

Yang penting, pemerintah beri solusi. Tetapkan "policy response" yang realistik & sungguh dijalankan. Jangan terlalu banyak beretorika.

Dulu, sebagai Presiden, persoalan seperti ini sering saya hadapi. Juga tidak mudah. Tetapi dengan kerja keras & tindakan tepat, selesai juga.

Rakyat perlu beri kesempatan & dukungan kepada Pak Jokowi & pemerintah, untuk atasi permasalahan di bidang ekonomi ini.

Saya menilai situasinya belum masuk krisis. Masih ada waktu. Masih tersedia solusi. Penurunan ekonomi masih bisa dibalikkan.


- Diambil dari akun twitter @SBYudhoyono pada hari Jumat, 8 Mei 2015

1 komentar untuk "Ini Tanggapan Pak SBY Soal Kondisi Ekonomi di Bawah Jokowi"

Debi 10 April 2019 pukul 16.07 Hapus Komentar
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.