Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui Kerusakan Mesin Cuci Dua Tabung Sebelum Dibawa ke Bengkel

EKONOMI KREATIF – Salah satu perlengkapan rumah tangga yang sering rusak karena sering digunakan, mesin cuci. Namun tahukah anda, sebenarnya kita sangat mudah mengenali kerusakan mesin cuci (khusus yang dua tabung) bahkan bisa memperbaiki sendiri dengan sparepart yang dapat dibeli di toko.

Sebelum memutuskan mengundang tukang service atau dikirim ke bengkel, ada baiknya memeriksa beberapa hal. Pertama, jika motor mesin cuci tidak bergerak sama sekali, periksa dulu apakah koneksi listrik sudah betul atau belum. Setelah itu baru kontrol kabel yang terhubung ke  koneksi motor listrik. Jika semuanya baik-baik saja secara fisik tidak ada yang putus, baru mesin boleh dibuka. Atau buka kembali cara penyelesaian masalah yang terdapat dalam buku petunjuk penggunaan.

Kedua, mesin cuci dua tabung sangat rentan dengan gangguan tikus. Lubang-lubang yang relatif besar di bawah, memudahkan tikus rumah masuk dan bersarang di dalam mesin. Beruntung jika hanya bersarang,  biasanya hama pengerat tersebut suka iseng menggerogoti bagian mesin hingga memutus kabel-kabel. Maka jika kabel terputus, langsung saja hubungkan kembali dengan melihat warna yang sama.

Ketiga, periksa timer mesin yang berada di posisi atas, baik timer untuk perasan (spin) atau untuk pencucian. Alat  penentu waktu pencucian tersebut sangat rentan dengan ai sehingga mudah berkarat. Menentukan apakah timer masih berfungsi atau sudah rusak, cukup diputar. 

Jika masih baik, putaran timer akan kembali dan terdengar berdetak. Sebaliknya jika rusak karena karatan putaran tidak kembali dna tidak terdengar bergeratak.  Jangan lupa, pastilkan juga kabel ke arah timer tersebut apakah tersambung atau putus.

Keempat, jika semua itu sudah diperiksa, kemungkinan terakhir, motor listrik sudah tidak berfungsi. Penyebebnya banyak sekali. Antara lain termasuki air, karatan hingga terjadi kosleting di dalam. Cara menggantinya sangat mudah. Solusinya hemat saya, jika motor rusak, lebih baik diganti dengan yang baru, jangan diservice ke tukang servic dinamo. Sebab harga menservic kadang lebih mahal dari pada beli baru.

Jika mau, buka saja mesin tersebut dan keluarkan motornya. Namun demikian anda harus hati-hati, jangan sampai lupa  kembali memasang dan juga perhatikan kabel-kabel jangan sampai berantakan.  Supaya mudah jika mengganti motor listrik, potong saja antara motor dengan  adaptor jangan dicipot dari sambungan.

Kemudian bawalah motor listrik tersebut ke toko  sparepart msin cuci belilah spesifikasi yang sama. Bisanya, penjual sparepart mesin cuci sudah tahu melihat sepintas saja ukuran motor listrik mesin cuci tersebut.

Hargapun tidak mahal. Bila motor listrik orisinal harganya sekitar Rp200.000 dan tiruan, biasanya produk China rata-rata Rp125.000 untuk motor perasan. Sedangkan motor bilasan sekitar Rp150.000. Jika sudah dapat, sambungkan kembali dengan mesin yang ada di rumah, tentu saja perharikan kabel-kabel kelitrikannya.

Setelah disambungg dan mesin kembali ditutup, coba nyalakan. Jika benar memasangnya, dapat dipastikan mesin cuci  bisa digunakan lagi. Akan tetapi jika tidak berfungsi dan anda sudah nyerah, silahkan hubungi tukang service terdekat.

Sekian trik mengenali kerusakan mesin cuci dua tabung dan cara memperbaikinya. Akan tetapi jika anda tidak punya waktu atau khawatir terjadi kerusakan lebih besar, lebih baik langsung mengundang jasa service atau dibawa ke bengkel mesin cuci dan jangan sampai dibawa ke bengkel mobil. (*)  


  


  





   


1 komentar untuk "Cara Mengetahui Kerusakan Mesin Cuci Dua Tabung Sebelum Dibawa ke Bengkel"

sofyan 3 Mei 2019 pukul 10.39 Hapus Komentar
Saya mau nanya gan ? kalau untuk mesin cuci yang ngeluarin api/nyala dibagian dalam mesin cuci pada saat pertama kali start ? kira-kira ada kerusakan dibagian apanya yah ? Terima kasih, , ,