Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waduh, Kripik Pisang Ditolak China, Kenapa Ya?

JAKARTA  - Kripik pisang asal Indonesia ternyata ditolak masuk oleh Tiongkok (China). Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga menyesalkan penolakan produk Usaha Kecil dan Menengah (IKM) Indonesia tersbut karena potensi ekspor kripik pisang produk Indonesia sangat bagus.

"Ada perlakuan berbeda soal ekspor ke China di mana ada produk champion IKM yaitu kripik pisang yang harusnya bisa masuk ke China dan Malaysia, tapi China menolak," ungkap Direktur Jenderal IKM Kemenperin Euis Saedah di lansir Liputan6, di Kantor Kemenperin, Jakarta Selatan, Senin (22/12/2014).

Euis menambahkan, alasan penolakan kripik Pisang Indonesia ke China, lantaran sebelumnya telah ada perjanjian khusus antara China dengan negara pemasok kripik pisang. Sehingga negara yang akan mengekpor tidak sembarang bisa mengirim ke China.

"Ini karena ada perjanjian bilateral, jadi yang bisa masuk cuma dari Filipina, Malaysia dan Brasil," lanjutnya.

Menurut Euis, produk kripik pisang asal Indonesia telah diekspor ke beberapa negera di kawasan ASEAN bahkan Timur Tengah. "Kita kerepotan. Padahal keripik kita sudah masuk ke Qatar, Filipina dan Malaysia. Kalau sudah seperti ini tidak bisa kita tertelusuri," katanya. (sumbe: liputan6)

Posting Komentar untuk "Waduh, Kripik Pisang Ditolak China, Kenapa Ya? "