Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tulisan Sederhana Ternyata Mampu Menghasilkan Uang



Saya iseng membuka kembali tulisan di blog yang sudah lama tidak diisi. Salah satunya di Kopasiana. Blog keroyokan yang pertama kali menarik saya pada dunia blogging. Beberapa tulisan sangat tinggi pengunjungnya. Bukan hanya ribuan tetapi puluhan ribu. Salah satunya, sebuah tulisan tentang trik mencuci, mencapai pembaca 19.000 an.

Yang menarik, justeru tema tulisan yang sangat ringan pengunjungnya begitu banyak. Biasanya tulisan berisi seputar trik, tips sehari-hari. 

Sementara tulisan-tulisan yang relatif berat, yang saat menulisnya membutuhakn  konsentrasi pikiran, justeru tidak banyak yang baca. Paling untung hingga ratusan pembaca. Itupun tidak tembus hingga 500 pembaca.

Sudah lama akun Kompasiana saya tidak lagi diisi. Apalagi setelah  saya diterima menjadi adsense publisher yang notabene proyeksi saya kedepan untuk mendapat penghasilan dari blog melalaui program Pay Per Click (PPC). (Doakan saja ya..he2).

Kalaupun saya punya tulisan, meski tidak terlalu relevan dengan tema blog, saya paksakan dimasukkan pada blog yang sudah ditanam Adsense. Termasuk tulisan ini.

Setelah beberapa blog  ditanam iklan adsense, tentu saya mendapat informasi perkembangan, berapa klik perhari juga berepa  dollar yang masuk pada akun adsense saya. Meski belum besar –namanya  pemula he2- tetapi bagi saya cukup membanggakan. Minimal setiap sore saya membuka rekap berapa dollar yang masuk  dari klik iklan yang terpasang.

Rata-rata, klik per hari antara 1-3 persen dari pengunjung blog. Jika pengunjung blog per ahri 100 orang, paling maksimal 3 orang mengklik iklan. Rata-rata harga iklan per klik Rp1000, Rp2000, lebih murah atau ada yang sangat tinggi. Tergantung harganya PPC nya. 

Kemudian saya mencoba mengkalkulasi. Seandainya, satu artikel di Kompasiana yang  telah dibaca 19.000 orang itu dikali 3 persen kali (minimal) Rp1.000 saja, berarti penghasilan dari satu tulisan yang sederhana itu mencapai Rp570.000. Lantas jika dikalkulasi lagi, dari ratusan tulisan dengan sekian ratus ribu penayangan, dikali 3 persen klik dikali Rp1.000, tentu akan lebih banyak PPC yang masuk.  

Menyesal? Tentu tidak. Untuk mendapat pengalaman yang diinginkan, harus banyak mencoba. Belum tentu juga ketika saya tidak banyak mengaplud tulisan di Kompasiana yang gratis itu, lantas bisa membuat blog yang bisa ditanam iklan adsense dan bisa menghasilkan uang.

Tantangan saat ini, menulis masih angin-anginan. Bisa setiap hari menghasilkan banyak tulisan, bahkan adakalanya nihil. Padahal salah satu kesukseskan publisher adsense, menurut para pakar adsene, minimal konsisten aplud tulisan orisinal.

Langlah selanjutnya saya juga menyiapkan niche blog atau blog yang bertema khusus, dengan harapan lebih mendatangkan pengunjung tertarget. (*)   



  








Posting Komentar untuk "Tulisan Sederhana Ternyata Mampu Menghasilkan Uang"