Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ISQ, Yakin Akan Tuhan, Manusia Bisa Jujur

EKONOMI KREATIF –  Pondasi awal dalam menjalankan hidup dan kehidupan berawal dari keilmuan yang ada pada diri manusia. Bahkan untuk mengukur tingkat ketaqwaan dan keimanan manusia juga bisa diukur dengan tingkat keilmuan yang dimiliki pribadi masing-masing.

Untuk itu  sebuah Lembaga Emotional and Spiritual  Quotient (ESQ) Leadership Center memberikan program pelatihan kepada para exsekutif, profesional, reguler, korporasi, mahasiswa, remaja dan anak-anak pelajar dan masyarakat umum.

Hal itu dikatakan pimpinan Emotional and Spiritual Quotient (ESQ) Cab.Tasikmalaya Agus Heri, setelah melaksanakan training Reguler  ESQ yang diikuti hampir 100 orang peserta di Tasikmalaya.

Agus mengatakan, saat keyakinan pada Tuhan telah tertancap didada, seseorang akan menjaga nilai kejujuran dan nilai keadilan Menurut Agus pelatihan ESQ pada dasarnya memberikan pemahaman kembali atas tiga pertanyaan mendasar. Yakni siapakah saya, darimana saya berasal dan akan kemana aya menuju.

"Meski selama ini segala kesuksesan dunia telah didapatkan, tapia apakah semua itu telah bisa memberikan kebahagiaan dan ketenangan sejati," ujarnya.



Pencarian jati diri manusia, kata Agus dilakukan pada setiap pelatihan ESQ baik peduli sosial, leguler profesional, eksekutif maupun untuk remaja dan anak-anak. "Pencarian itu telah pula dilakukan para pendahulu kita seperti Nabi Ibrahim atau Abraham, Nabi Musa atau Moses sampai pencarian Nabi Muhammad SAW," katanya.

Dengan meyakini eksistensi dan kebesaran Tuhan, kita akan selalu dapat memaknai hidup dan tak lagi berani melakukan apa yang tidak sesuai dengan suara hati, etika dan norma agama. "pelatihan ESQ tidak menekankan pada ritualitas agama, tetapi asensi dari rasa ber-Tuhan," ujarnya.

Trainng ESQ adalah sebuah penomena, menggugah dan mampu mengubah kehidupan seseorang. Hal itu bisa terjadi karena ESQ memang berbeda dengan pelatihan lainnya dan bukan sekedar pelatihan kepemimpinan biasa. Training ESQ merupakan pelopor pelatihan yang mengasah sisi spiritual dengan mendalam, bersamaan dengan sisi emosi dan intelektual seseorang.

ESQ dengan seksama memandu seseorang dalam membangun prinsip hidup dan karakter berdasarkan Way 165. Angka 165 merupakan simbol dari 1 hati pada yang Maha Pencipta, 6 prinsif moral dan 5 langkah sukses. ESQ hadir untuk siapa saja yang berkeinginan untuk membentuk karakter manusia paripurna. ESQ juga merupakan upaya untuk menjembatani rasionalitas dunia usaha dengan spirit ketuhanan. Melengkapi makna sukses dengan nilai -nilai spritual yang mendalam, menuju esensi bahagia yang sesungguhnya.

"Dalam setiap pelatiha ESQ kami juga selalu menanamkan pentingnya menjalankan tujuh nilai dasar, yaitu jujur, tanggung jawab, visioner, disiplin, kerja sama, adil dan peduli. Kami Yakin jika ketujuh nlai itu hilang dalam masyarakat, bangsa ini akan mengalami kehancuran. Nilai-nilai itulah sesungguhnya yang merupakan nilai unggulan bangsa yang disebut karakter bangsa," ujar Agus.

Nilai-nilai ini lanjut Agus sesungguhnya sudah tertanam dalam diri manusia sejak lahir, namun untuk mencapai niali-nilai dasar tersebut diperlukan suatu arahan yang bisa membantu membangkitkan kekuatan tersembunyi serta mengarahkan seluruh potensi dirinya untuk kehidupan dan pekerjaan yang lebih produktif.

Yang membedakan taraining ESQ dengan pelatihan biasa adalah, training ESQ dibuat sedemekian rupa hingga peserta akan merasa seperti menikmati sebuah perutunkan yang penuh makna,"Sebagai materi pendukung, peserta juga akan diajak terlibat beberapa aktifitas dalam training seperti, simulasi dan saling berbagi pengalaman diantara mereka," ujarnya.

Agus juga mengatakan, melalui ESQ peserta akan diajak untuk menciptakan sebuah titik keseimbangan antara kecerdasan intelektual, kecerdasan emosi, dan kecerdasan spritual. Membebaskan diri dari berbaai macam gangguan yang menghalangi seluruh potensinya. Mengerahkan seluruh kekuatan tersebut untuk menciptakan pembaharuan dalam kehidupan dan pekerjaannya, menjadi pribadi yang tangguh dan siap menghadapi tantangan. (*)     

Posting Komentar untuk "ISQ, Yakin Akan Tuhan, Manusia Bisa Jujur"