Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bisnis Online, Mengapa Web Harus di Posisi Teratas di Mesin Pencari

EKONOMI KREATIF – Salah satu kelebihan dari  menjalankan bisnis online atau bisnis di internet, kita mudah menyampaikan inforamsi kapan saja, kepada siapa saja. Kita boleh tidur atau toko offline tetapi web site kita terus mencari pelanggan baru untuk kita. 

Tentu, bukan web atau blog aktif sendiri melainkan para calon pelanggan yang mencari informsi. Bayangkan enaknya, ketika tiba-tiba kita bangun tidur ditelpon calon konsumen akan membeli barang yang kita jual. Atau seseorang di ujung telpon tiba-tiba mengkonfirmasi bahwa dana sudah ditransfer ke rekening.

Namun demikian, tidak mudah untuk mencapai tahapan seperti itu. Memerlukan syarat-syarat web atau blog yang bisa dicari oleh semua pencari produk yang kita tawarkan. Salah satunya, blog atau web tersebut harus nangkring di posisi teratas mesin pencarian.

Nah saya sedikit berbagi pengalaman ketika blog atau web site  toko online saya sudah nagkring di posisi pertama mesin pencari. Di sini bukan maksud saya akan mengajarkan cara menjadi rangking pertama di mesin pencari seperti google tetapi hanya menceritakan salah satu keuntungan bila blog kita bertengger di mesin pencari urutan pertama atau minimal di halaman pertama.

Saya sama sekali tidak tahu ilmu SEO. Tahu kepanjangan SEO saja setelah saya belajar google adsense (GA) secara otodidak. Setelah beberap  bulan berlalu, tanpa disadari banyak yang menelpon menanyakan mesin sikat yang saya tawarkan tersebut.

Saya juga iseng searching di google kata mesin sikat karpet laundry, atau harga mesin sikat, oo, ternyata dari sini rupanya. Blog gratis www.sikatkarpet.blogspot.com selalu di pisisi antara 1-5 bahkan untuk kata kunci tertentu selalu di atas dan beberapa tema di urutan 3-5.

Mungkin, blog saya bisa bertengger di urutan teratas tersebut karena memang jarang sekali orang yang bikin kata kunci serupa. Hal yang sama produk tersebut sepertinya hanya satu-satunya. Kawan saya berseloroh, kata kunci seperti itu blog abal-abal juga bisa di posisi atas dalam mesin pencari.

Hanya saja beberapa langkah yang saya lakukan  beberapa bulan setelah membuat blog sikat karpet, saya membuat tulisan di berbagai blog termasuk di Kompasiana dan blog detik yang mengupas tentang sikat karpet tersebut dengan mencantmkan link.

Kedua blog publik tersebut memiliki kualitas baik dan tertinggi dalam mesin pencarian. Namun yang lebih utama sepertinya, kata kunci itu sangat minim yang menggunakan sehingga persaiangan di mesin pencari sangat rendah.

Nah sekarang apa manfaat untuk saya ketika mendapat posisi tertinggi di mesin pencari? Tentu saja, banyaknya pembeli produk yang saya jual di blog sikat karpet tersebut. Setidaknya dari blog sederhana dan gratis ini saya bisa menghasilkan keuntungan melebihi gaji sebulan dari pekerjaan saya. Bahkan pada bulan tertentu, memberikan pendapatan yang cukup besar untuk ukuran saya. Alhamdulillah terimaa ksih ya Allah. 

Memang jumlah pengunjung tidak banyak setiap harinya, kalah banyak dengan pengunjung blog-blog saya yang lain. Tetapi blog ini sudah pandai mencari duit sendiri meski berminggu-minggu tidak pernah saya buka.

Ini juga mungkin  karena para calon kosnsumen ketika memutuskan untuk mencari barang, mereka sudah sangat membutuhkan barang tersebut. Sehingga begitu mendapat produk di internet dan mereka yakin akan kualitas produk, tanpa basa-basi langsung membayar transfer dan barang langsung saya kirim. 

Ini membuktikan bahwa internet bisa menjadi lahan untuk berbisnis, termasuk orang awam internet seperti saya. Apalagi orang-orang yang sudah jago dalam pemasaran online serta manjadi adsense publisher mislanya. Mereka bukan hanya mendapat jutaan rupiah perbulan melainkan puluhan hingga ratusan juta rupiah. Luar biasa bukan?  
  
Cerita ini hanya sharing saja. Siapapun bisa merasakan manfaat dari internet secara langsung baik berupa keuntungan finansial maupun ilmu-ilmu yang melimpah di internet. Kalupun anda mau mencoba, mulailah dari saat ini juga jangan ditunda-tunda. Soal gagal dan berhasil itu urusan berikutnya....!!    





  




Posting Komentar untuk "Tips Bisnis Online, Mengapa Web Harus di Posisi Teratas di Mesin Pencari "