Home » » Tips Promosi Sukses Jual Hewan Qurban

Tips Promosi Sukses Jual Hewan Qurban

EKONOMI KREATIF – Sebelumnya mimin pernah mengupas peluang tahunan jual hewan qurban setiap menjelang idul adha. Potensinya tidak diragukan lagi, sangat buesarrrr. Seorang penjual di Tasikmalaya – Jawa Barat mengaku kepada mimin, dua bulan penjualan sapi qurban mencapai omzet Rp1 miliar.

Sementara keuntungan yang diperolehnya sekitar 30%. Artinya si pengusaha itu dalam 2 bulan jual sapi qurban mendapat  keuntungan bersih mencapai Rp300 juta. Dahsyat kan?
 

Nah kali ini mimin mencoba membagi strategi atau tips promosi hewan qurban. Tanpa promosi, tentu saja usaha yang dijalankan akan biasa-biasa saja kecuali kalau memang anda hoki banget.
 

Berikut cara promosi hewan sapi quban:
Pertama, promosi konvensional dengan mendatangi majelis taklim, ketua DKM atau kumpulan arisan hewan qurban. Satu DKM saja  biasanya tak kurang dari menyembelih 5-6 ekor sapi. Nampaknya saat ini, sekitar 1,5 bulan lagi idul adha, waktu yang tepat untuk mendatangi mereka. Promisi bisa dengan surat, leaflet atau promosi penawaran dengan ucapan.

Kedua, promosi melalui blog internet.  Sekarang hampir semua orang menggunakan internet. Untuk keprluan sehari-haripun banyak yang survai harga melalui internet. Maka tak salah jika kita membuat blog atau website berisi informasi harga dan stok sapi, domba untuk qurban.

Cantumkan nomor hanphone, serta alamat yang mudah dihubungi. Siapkan tim supaya orang yang melihat ke lokasi mudah dilayani secara langsung.

Ketiga, promosi di lokasi penjualan. Salah satu trik promosi supaya banyak orang yang tertarik dengan hewan qurban, penulis tertaik dengan trik yang disampaikan Tung Dasem Waringin. Kira-kira begini jika diaplikasikan pada penjualan sapi qurban.  Tulis gede-gede, “Sedia sapi harga Rp4 jutaan”. Padahal tentu saja maksud kita bukan hanya menjual sapi harga Rp4 jutaan, tetapi tujuannya menggaet pengunjung agar mau mampir.

Kita tahu harga sapi di masa idul qurban setidaknya minimal Rp5 jutaan. Namun demikian, kita harus tetap sedia harga sapi Rp4 jutaan untuk ditunjukkan kepada calon pembali.

Jika pelanggan merasa kurang cocok dengan sapi harga Rp4 jutaan, beri alternatif sapi yang gemuk-gemuk yang tentu harganya lebih mahal. 

Pajang Sapi di MalIni strategi yang paling unik yang pernah dilakukan oleh seorang pengusaha sapid i Jakarta beberapa tahun lalu. Sapi-sapi hewan qurban di jual di mall yang mentereng dengan pelayan espege cantik-cantik. Harga sapi di sini melonjak tajam melebihi harga di pasaran.

Kabarnya,  pengusaha yang menjual sapi di mall tersebut menuai untung besar karena ide gilannya, menjual sapi di mall dengan pelayan espege cantik-cantik tersebut. Padahal yang dijual tetap sapi, yang tetap saja bau..he2.

Demikian beberapa trik dan tips strategi promosi dalam bisnis hewan qurban yang mungkin saja bisa anda jalankan. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. (*)