Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

UKM Online, Wajib Membangun Tim Bisnis

EKONOMI KREATIF – Pelaku bisnis UKM yang dijalankan secara online, terkadang  dilakukann tanpa melibatkan tim. Hal tersebut akan berdampak pada lemahnya usaha, sehingga mudah terhenti di tengah jalan sebelum bisnis online berhasil.

Founder Web Praktis, Hermas Puspito menyebutkan, perlunya membangun tim dalam bisnis UKM online, untuk memperkuat bisnis yang dijalankan. Jika dilakukan sendirian, akan membuat lelah pelaku usaha.

“Efisiensi usaha, memang perlu. Namun jangan dilakukan sendiri. Tim itu perlu. Bisnis itu membangun tim yang membangun bisnis,” katanya dalam seminar bisnis online yang diadakan oleh Komunitas Tangan di Atas (TDA) Tasikmalaya, Rabu (11/3/2014) di Kantor Bank Indonesia Tasikmalaya.

VIDEO WAWANCARA


Hermas juga menambahkan, potensi bisnis online sangatlah besar. Pelaku UKM mutlak memerlukan sarana online, seperti web atau blog untuk memasarakan produknya. Ia mencontohkan pelaku bisnis online di tanah air yang sudah besar umumnya milik perusahaan luar negeri.

Sehingga ia berharap, pelaku UKM di Indonesia, harus merintis bisnis secara online juga. Ia melihat tren tersebut sudah mulai marak dan perlu didorong.

Hermas juga memberikan beberapa tips dalam bisnis online bagi UKM antara lain, produk harus yang dibutuhkan banyak orang. Memiliki media seperti website untuk dioptimasi, melalui Sosmed dan SEO marketing.

Selain itu memiliki tim supaya usaha tetap berjalan sehingga usah atidak hanya dialkukan sendiri.  Bisnis online juga pelu inovasi baik di teknik jualan, promosi serta produk. Tidak menoton karena konsumen suka dengan inovasi.

Probelm bisnis online UKM menurutnya, banyak tidak berjalan karena tidak ada orang dan hanya dijalankan sendiri. Selaian itu tidak tahu bagaimana melaksanakan bisnis seperti mengalami kesulitan dalam memaksimalkan website. Salah satu solusinya, terus mengikuti berbagai pelatihan untuk menambah ilmu serta pemahaman terhadap bisnis online itu sendiri.

Novi Mustika Dewi, salah seorang peserta yang juga owner perusahaan kuliner Abon Sapi asal Ciamis- Jawa Barat menyebutkan, ia semakin menyadari bahwa potensi market online sangatlah besar.

Selama ini, ia hanya menjalankan penjualan secara offline, meskipun sebelumnya sempat juga melakukan penjualan secara online di terutama di media sosial.

“Market online sangat membantu dalam bisnis. Selama ini saya masih penjualan .  Saya semakin yakin, bisa melakukan penjualan secara onlie. Apalagi saya memiliki produk premium, bagus,” katanya. (*)

2 komentar untuk "UKM Online, Wajib Membangun Tim Bisnis "

Anonim 10 Oktober 2015 pukul 08.55 Hapus Komentar
Bisa minta alamat email nya kang anep yg punya blog ini?
autoklik 29 Oktober 2015 pukul 09.28 Hapus Komentar
yang punya blog ini saya sendiri. Silahkan kontak ke hp081323194449
atau email anep.paoji@gmail.com