Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curug Tonjong, Objek Wisata Kota Tasik yang Belum Terjamah


Mungkin warga Kota Tasikmalaya sendiri belum banyak yang tahu mengenai keindahan objek wisata Curug Tonjong di Kampung Cipeusing, Kelurahan Setiawargi Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya.

Objek wisata berupa air terjun ini, menghadirkan pemandangan bagus, dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota Tasikmalaya. Selama ini, objek wisata yang terkenal di Tasikmalaya, hanya Situ Gede, wisata ziarah Pamijahan, Pantai Cipatujah dan Cipanas Galunggung

Curug Tonjong, berada di ketinggian kurang lebih 300 meter dari permukaan laut setinggi 50 meter yang mengalirkan air dari Sungai Cibangbay. Suasananya masih alami, udaranya segar dan bebas polusi. Rimbun pepohonan membuat udara sejuk ditambah suara gemercik air yang membuat tenang para pengunjung.
Curug Tonjong
Kini, sarana penunjang wisata sudah dibangun. Fasilitas tersedia antara lain, jalan tangga sebanyak 118 anak tangga yang langsung menuju kawasan Curug Tonjong, gazebo sebanyak 3 buah dan 1 MCK. Beberapa bagian belum selesai pembangunan antar lain betonisasi lanjutan, kirmir serta gapura.

“Pembangunan Curug Tonjong dimulai bulan November 2011. Saat ini pembangunannya sudah mencapai 70%,” terang Sis Mustaqim salah seorang senior fasilitator PNPM Kecamatan Tamansari beberapa waktu lalu.
Terangnya, pembangunan objek wisata tersebut dari bantuan program Pemberdayaan Lingkungan Berbasis Komunitas (PLBK) atau Neighbourhood Development yang didapat Kelurahan Setiawargi Rp 1 miliar. Dana bantuan tersebut sebagian dialokasikan untuk pembangunan objek wisata.

Dipilih curug tonjong untuk penerapan dana Rp1 miliar tersebut merupakan hasil rembug masyarakat untuk menjaring potensi wisata,” katanya. (*)

Posting Komentar untuk "Curug Tonjong, Objek Wisata Kota Tasik yang Belum Terjamah"