Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Cara Aman Menggunakan ATM

EKONOMI KREATIF – Menggunakan ATM merupakan cara mudah bertarnsaksi atau mengambil uang tunai yang disediakan hampir semua bank. Bahkan beberapa bank selalu menyarankan mengambil uang harus dilakukan melalui ATM. Sedangkan bila mengambil uang tunai melalui teller akan dikenakan admisnitrasi.

Kemudahan menggunakan ATM didukung dengan ketersediaan ATM di berbagai pelosok kota. Bahkan di tengah jalan dan di rest area, ATM selalu tersedia memberi kemudahan untuk mengambil uang atau transaksi. Namun anda perlu hati-hati dalam menggunakan ATM. Jangan sampai kemudahan tersebut dimanfaatkan oleh tindakan kriminal yang merugikan keungan kita sendiri.

Di bawah ini tips aman menggunakan ATM yang harus anda ketahui.

Jangan Menggunakan ATM Tengah Malam Sendirian.Hati-hati menggunakan ATM sendiri di tengah malam. Anda harus perhatikan apakah ada orang yang mengikuti atau yang mangawasi. Usahakan mengambil uang di ATM tengah malam di tempat yang ramai atau dibarengi teman atau saudara.

Pastikan tidak Ada Orang Lain yang Melihat  PINNomor PIN Anda harus tetap aman dan rahasia setiap saat. Ketika memasukkan nomor PIN pastikan tidak ada orang lain yang melihatnya. Jika Anda merasa seperti seseorang melihat nomor atau tahu pasti, pergi tanpa melakukan transaksi apapun dan segera mengubah nomor PIN Anda.

Jangan  Mengambil Uang di ATM yang Sepi
Jangan pergi ke mesin ATM di tempat yang sepi. Hal ini sama halnya dengan potensi bahaya menggunakan ATM di tengah malam.  Gunakan mesin ATM di siang hari di mana ada orang banyak dan kita bisa mendapat bantuan jika mendapat kesulitan.

Jangan Klik Penawaran pada Mesin ATMPenawaran mungkin juga dari bank, tapi itu tidak berarti Anda harus klik di atasnya. ATM bukanlah tempat untuk memeriksa hal-hal semua itu. Sebaiknya jika anda tertarik dengan penawaran periksa saja di rumah melalui internet supaya lebih tenang dan aman.

Jika Kartu Nyankut di ATM, Segera Beritahu BankATM merupakan mesin, suatu saat bisa error baik sabotase atau kerusakan mesin. Jika  ATM terjabak dalam mesin,  janganlah panik atau malah banyak memijit tombol yang tersedia. Segeralah hubungi bank bersangkutan dengan nomor telpon yang falid.

Jangan Letakkan Barang di Ruang ATMKetika meletakkan tas atau apa saja di lantai saat kita mengambil uang di ATM, kemungkinan saat keluar ruang ATM, lupa membawa kembali. Maka hindari membawa barang berharga ke ATM. Demikian cara aman atau tips aman menggunakan ATM sehari-hari supaya memudahkan kita dalam bertransaksi atau mengambil uang tunai di ATM.  (sumber : magforwomen)