Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkat Inovasi, Kelom Geulis Tetap Bertahan

EKONOMI KREATIF Kelom Geulis atau sandal yang terbuat dari kayu merupakan salah satu kerajinan yang telah menjadi Home industri khas Tasikmalaya. Kerajinan tersebut telah terkenal keberbagai kota di tanah air bahkan hingga ke mancanegara.

Salah satunya, Kelom Geulis produksi home Industry milik H.Otang Suherman di Kelurahan Gobras Kec.Tamansari Kota Tasikmalaya.  H Otang mampu berinovasi dengan membentuk kelom geulis dihiasi gambar batik yang juga khas Tasikmalaya yang dinamai Kelom geulis "Sheny".

Dengan inovasinya itu, produk kelom geulis buatannya banyak diburu para pembeli baik eceran maupun lewat para eksportir untuk diekspor ke luar negri.

"Alhamdulillah, setelah saya berani berinovasi seperti ini, usaha dan penghasilan saya dapat berkembang cukup maju," ujar Otang.




Cara membuat kelom geulis lanjut Otang, memerlukan keterampilan yang berbeda dengan membuat kelom biasa. Proses pembuatannyapun cukup lama dan memerlukan keuletan. Kayu yang dipergunakan sebagai bahan dasarpun mesti kayu yang berkualitas,.

Sebelumnya ujar Otang, ia sempat kesulitan menjual hasil produksinya hingga usahanya semakin terpuruk. Namun setelah melakukan inovasi dengan memadukan konsep batik dan hiasan pada kelom, produknya berhasil menembus pasar baik dalam negri maupun luar negri.

Sebagai pengusaha kelom pertama yang mampu memadukan hiasan batik dan mendong serta bordiran khas Tasik ini mengaku, sangat gembira hasil karyanya mendapat sambutan bagus dari masyarakat.

“Proses pembuatan kelom memang tak semudah yang dibayangkan. Dalam pembuatannya diperlukan keahlian khusus terutama dalam membatik, " ujarnya.

Yang perlu diperhatikan lanjut Otang, bahan kayu tidak bisa memakai sembarang kayu. Kayu harus benar-benar kering dan tidak belah, apabila kayunya belah maka pembatan dianggap gagal karena dipastikan takan laku untuk dijual.

Untuk mendapat kesuksesan, para pengrajin agar jangan takut untuk melakukan inovasi dan kreativitas terhadap hasil karyanya. Dengan selalu melakukan inovasi dalam usaha menerobos pasar, tak menutup kemungkinan akan menghasilkan penghasilan yang maksimal sesuai yang diharapkan.

"Apapun hasilnya jangan ragu untuk berkarya dan menuangkan ide yang kita miliki, dengan berani seperti itu, kesuksesan didepan mata, hingga usaha yang kita jalankan dapat menai hasil sesuai yang diharapkan," ujarnya. (*)

Posting Komentar untuk "Berkat Inovasi, Kelom Geulis Tetap Bertahan"