Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rezeki Nomplok Salah Satunya dari Lomba Nge-Blog

EKONOMI KREATIF – Banyak  cara untuk mendapat penghasilan dari dunia internet khususnya penggila bloging. Mulai jual artikel atau ghost writer, mengikti program PPC seperdi adsense, program affilaitif, penjualan barang secara online hingga blog competition dan lainnya.

Model lomba di dunia maya sangat bergam. Ada yang menjadi pemanang karena diundi, review produk, testimoni produk serta lomba tulis dengan tema tertentu.

Penyelenggara tidak hanya perusahana. Kalangan individu, instansi pemerintahn hingga NGO sering menyelenggarakan lomba dengan tema terkait bidang garapan mereka.

Mengapa lomba nge-blog  mendatangkan rezeki nomplok? Jawabannya jika anda menjadi juara nge-blog. Bayangkan saja, untuk perusahaan dengan produk otomotif misalnya, hadiah bagi para juara tidak tanggung-tanggung. Mulai uang jutaan rupiah, puluhan juta rupiah hingga hadiah produk dengan harga ratusan juta. 

Jika anda salah satunya pemenang, tentu menjadi rezeki nomplok. Padahal menulis hanya beberapa jam, sementara hadiah begitu besar.

Namun demikian, tidak mudah memang untuk meraih juara dalam setiap lomba blogging. Sebab di seantero negeri juga banyak pemburu lomba atau kuis dengan harapan serupa, yakni menang. Anda tidak cukup berhenti jika satu kali dua kali lomba belum meraih juara.

Kalau bisa ikuti setiap momen lomba, baik hadiah besar mapun hadiah alakadarnya. Atau paling tidak mengikuti setiap lomba dengan tema-tema yang benar-benar kita kuasai. Misalnya, ketika anda ahli SEO ya ikuti saja lomba SEO, jika anda ahli bikin video ikuti juga lomba video juga lomba-lomba lainnya.

Untuk memperoleh informasi tentang lomba blogging, banyak sekali web atau blog yang menyediakn informasi. Biasanya mereka menyediakan artikel langgganana pada halaman blognya, lalu kita berlangganana secar agratis.

Setiap hari atau setiap kali mereka posting artikel info lomba, akan langsung masuk ke imel kita.  Saya sendiri mengikuti langganan artikel info lomba dari beberapa blog. Selain informasi di blog atau web, info lomba juga bisa didapat di forum, FB atau twitter.

Saya sendiri seringkali mengikuti lomba-lomba blog, baik lomba menulis, lomba paling banyak like di FB hingga kuis. Mungkin sudah ratisan tema lomba yang diikuti. Ada yang berhasil dan kebanyak yang tidak.
Yang saya sukai lomba menulis dan lomba video. Beberapa tema lomba sempat mendapat juara dengan hadiah cukup besar. Ada juga yang lomba iseng ternyata mendapat hasil cukup lumayan.

Salah satu lomba dengan hadiah terbesar yang pernah saya ikuti, lomba Video XL Award 2013 lalu. Jujur saja saya sendiri tidak menyangka bakal dapat juara. Bikin vedeo saja dengan hanphone jadul dan baru pertama kali bikin video. Berbekal edit pada movi maker, ternyata meriah juara pertama dengan hadiah Rp5 juta.

Mengikuti even lomba  secara banyak supaya kita tidak mudah kecewa ketika satu lomba tidak dapat. Jadi kalau anda baru ikut lomba 3-5 kali lalu tidak dapat, coba terus lomba dengan tema yang semakin variatif.

Sekedar berbagi saya  pernah memanangkan lomba baik di blog dan di luar blog antara lain:


  1. Lomba testimony priter  Epson tahun 1999 hadiah voucher belanja.
  2. Juara 3, lomba menulis tentang zakat di BAZDA Kota Tasikmalaya tahun 2009 hadiah Rp1 juta
  3. Juara 3 menulis di blog Brighter Live bulan Mei 2013 hadiah hanphone Rp1,5 juta  plus plashdisk dan voucher belanja Rp500 ribu.
  4. Juara 1 lomba menulis tentang kepemudaan di blog web Site Suara Republika Bulan Mei tahun 2013 hadiah Rp300 ribu
  5. Juara harapan 1, lomba menulis di blog tentang  kesehatan, pencegahan HIV/AIDS Bulan April, tahun 2012 uang Rp300 ribu dan bingkisan.
  6. Juara 2 lomba menulis di blog yang dilaksanakan oleh Hotel Santika Tasikmalaya Juli 2013 hadiah Rp700 ribu
  7. Juara lomba video XL 2013 hadiah Rp5 juta
  8. Lomba Video tentang inpirasi yang diselenggarakan Dompet Dhuafa hadiah Rp700 ribu.
  9. Lomba yang diadakan oleh Indi Preneur dengan hadiah sebuah gadget senilai Rp2,010.000,-
  10. Lomba tulis tentang PLN yang dadakan BlogDetik 2013 hadiah voicher  listrik token Rp100.000
  11. Lomba tulis tentang sebuah produk diadakan oleh Kompasiana tahun 2011 hadiah sebuah gody bag produk.
  12. Video citizen journalis pernah dimuat di Net TV.
  13. Karya tulis pernah dimuat di Kompas (Resensi) , Pikiran Rakyat, Radar Tasikmalaya dan  Kabar Priangan (Opini) dan Majalah Qalam.