Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inspirasi Bisnis, Blogger Ini Penghasilan Sebulannya Capai Rp50 Jutaan

EKONOMI KREATIF – Pekerjaan apapun jika ditekuni dengan sungguh-sungguh akan akan mendatangkan hasil. Termasuk dari hobi  tulis menulis di blog. Salah satunya Stphen Langitan seorang blogger spesialis mengulas produk-produk mobil  melalui website pribadinya, StephenlangitanCom.

Seperti diberitakan Kontan Online, sedikitnya dia  mendapat penghasilan Rp50 jutaan setiap bulannya. Pendapatan dari iklan otomotif atau tulisan review pesanan dari main dealer mobil-mobil, terutama jika ada mobil baru.

Selain mengulas produk mobil, Stephen juga sering mengikuti tes drive, kunjungan ke pabrik otomotif dalam dan luar negeri atau even balap mobil, pameran serta kopdar komunitas otomotif.

Stephen mulai menekuni menulis di situs pribadinya sejak tahun 2008 lalu. Awalnya ia penggiat penulis di milis. Hanya saja, seringkali berbentuan dengan kebijakan moderator, pria 49 tahun tersebut bernajak dan membangun blog pribadi.

Dari hobinya tersebut perlahan menjadi unit usaha yang sejak Januari 2013 lalu berbentuk badan hukum bernama PT Media Satu Liputan (MediaSL). Sedangkan karyawan MediaSL hanya tiga orang untuk membantu peliputan.

Setiap hari setidaknya situs  Stephen menjaring sekitar 12.000 visitor. Respon pembaca cukup bagus sehingga menarik minat para pengelola ATMP otomotif untuk iklan serta review prouk mobil terbarunya.

Menyebut salah satunya, PT Ford Motor Indonesia (FMI); PT Topindo Atlas Asia, produsen oli Top 1; PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban merek GT Radial; dan Shell Oil Company. Tarif iklan yang mereka gelentorlan antara Rp5 juta- Rp 20 juta per bulan dan tarif tulisan Rp1,5 juta per artikel.

Untuk menerapkan tarif tulisan dengan perusahana otomotif, Stephen memberlakukan sistem kontrak. Pemuatan berupa foto dan artikel produk mulai 4 hingga 8 artikel per bulan. Selain itu banyak juga klien yang hanya pesan satu artikel per bulan dengan tarif Rp1,5 juta.

Demikian salah satu inpirasi bisnis review produk otomotif melalui blog yang dapat menghasilkan uang. Anda tertarik dan mau mencoba? (*)