Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bisnis Cetak Foto Online ala Printerous Dot Com

EKONOMI KREATIF – Unik juga ide bisnis yang dilakukan oleh Printerous dot Com, sebuah situs yang menyediakan cetak foto secara online. Web site yang berkantor di Jalan Martimbang, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan tersebut menyediakan jasa cetak foto secara online.

“Mengubah kebiasaan orang untuk mencetak foto secara offline ke online,” ungkap Kevin Osmond, pendiri sekaligus Chief Executive Officer Printerous.com seperti diberitakan kontan online, Rabu, 08 Oktober 2014
Layanan yang ditawarkan  Printerous.com terbilang sederhana.

Caranya setiap konsumen print foto secara online merupakan foto-foto yang tersedia di media sosial yang dimiliki konsumen. Misalnya FB atau istagram.

Dengan demikian si  konsumen tidak lagi harus pindah-pindah foto baik melalui flasdisk atau melalui email. Sebab foto-foto yang  diprint sudah ada pada akun media sosial pemesan.

Mengapa Kevin terobsesi menjual cetak foto secara onlone?  Itu karena pengguna media sosial yang narsis sangat besar di Indonesia juga dunia. Di akun facebook, sedikitnya 300 juta foto tersimpan dan sekitar 1 miliar foto yang tersimpan di Instagram.

“Kami melihat fakta ini sebagai potensi pasar. Apalagi Indonesia terkenal sebagai negara sosial media,” ujar Kevin.

Kini Cevin  melalui Printerous melayani sekitar 100 order hingga 150 order per bulan, dengan keuntungan bersih sekitar 30% hingga 40%.

Cara Pesan Foto Online
Kevin menyebutkan, untuk bisa cetak  foto secara online,  pemesan harus sudah mengaplud foto di istagram pribadinya. Lalu konsumen menentukan desain yang dipilih. Pemesanan akan diproses setalah konsumen melakukan pembayaran secara penuh.

Proses pencetakan foto di Printerious memakan waktu 10 menit. Konsumen tinggal menunggu kiriman foto melalui jasa ekspedisi yang telah ditunjuk. Tentu saja waktu pengiriman sesuai jarak dan kemudhan akses jasa ekspedisi.

Kini menurut Kevin pemasaran yang dia lakukan hampir menyasar ke 12 negara. Dua berada di Asia, yaitu Indonesia dan Singapura. Sepuluh lain yang adalah negara-negara Eropa Barat, seperti Inggris, Belanda, Spanyol, Jerman, dan Prancis.

Untuk bersaing dengan yang lain, menurutnya mesti mencetak ragam produk. Printerous sendiri menawarkan media cetak seperti stiker, kain kanvas, album foto, hingga magnet yang lazim ditempel di kulkas. Kualitas cetak dan media cetak juga sangat diperhatikan sehingga akan menembah kepuasan konsumen.

Anda tertarik dengan ide bisnis cetak foto online ini? Jika artikel peluang bisnis cetak foto ini bermanfaat silahkan bagikan kepada yang lain. O iya baca juga Pelung Bisnis Waralaba Kedai Kopi Menguntungkan (*)