Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

HUMOR, Juragan Padang Pinjam Rp5 Juta ke Bank, Jaminanya Ferari

EKONOMI KREATIF – Di seluruh Indonesia, salah satu daerah penghasil pedagang ulung adalah Padang- Sumatera Barat. Mulai gerai foto copy, jualan CD lagu/film hingga restoran Khas Masakan Padang. Kecerdikan bisni orang Padang sudah sangat terkenal sehingga mereka di manapun selalu sukses berbisnis.

Dan berikut ini orang Padang yang  minjam uang ke bank dengan jaminan mobil  Ferari seharga Rp2 miliar. Simak kisahnya.

Seorang pria Padang pergi ke sebuah bank di Jakarta dan berniat untuk meminjam uang sebesar Rp 5.000.000 untuk perjalanan bisnis ke Padang selama 2 minggu.

Karyawan bank mengatakan bahwa bank butuh suatu jaminan untuk pinjaman tersebut, dan kemudian si pria Padang memakai mobil Ferrari baru yang diparkir di depan bank tersebut sebagai jaminan. Kemudian pegawai bank setuju menggunakannya sebagai jaminan.

Setelah pria Padang tersebut pergi, pemimpin dan karyawan bank tersebut menertawainya karena jaminan menggunakan mobil Ferrari baru seharga Rp 2.5M sebagai jaminan terhadap pinjaman sebesar Rp 5jt saja.

Seorang pegawai bank kemudian memarkir mobil Ferrari tersebut ke dalam underground garage milik bank tersebut. Dua minggu kemudian, pria Padang tersebut kembali, dan membayar hutang sebesar Rp. 5jt dan bunganya sebesar Rp15.000.

Pegawai bank berkata, 'Tuan, kami sangat senang bisa berbisnis dengan Anda, dan transaksi ini berjalan dengan lancar, tetapi kami sedikit bingung.
Ketika Anda pergi, kami mengecek profil Anda dan mengetahui bahwa Anda sejatinya adalah seorang jutawan. Mengapa Anda repot-repot meminjam uang hanya sebesar Rp. 5jt?'

Si pria Padang membalas sambil tersenyum, "Di mana lagi cari tempat di Jakarta ini yang bisa digunakan untuk memarkir mobil saya dengan aman, hanya dengan harga Rp 15rb, selama 2 minggu?"

Hikmah dari kisah ini, anda sebagai pebisnis banyak cara untuk mensiasati kesulitan jadi peluang. Salah satunya kisah di atas. Sambil mendapat uang, pengusaha ini menitipkan mobilnya.

Menitipkan mobil tidak bayar, ia hanya membayar bunga bank yang tak seberapa. Meski  mungkin ini hanya kisah humor, boleh jadi bisa menjadi salah satu inspirasi untuk kesuksesan bisnis anda. (*)