Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha, Tawaran Bisnis Minuman Coklat dari Choco Neni

EKONOMI KREATIF – Sejak lama cokelat dan kopi menjadi salah satu minuman yang paling digemari di seluruh dunia. Tak heran jika berbagai kedai sederhana hingga kedai mewah bermunculan dengan berbagai variasi serta keunikan yang mereka tawarkan. Kopi dan cokelatpun akan menjadi peluang usaha yang menggiurkan sepanjang tahun.

Salah satu pebisnis bidang minuman coklat dan kopi, Choco Neni di Kendal, Jawa Tengah. Dilansir Kontan Online, Selasa (21/10/2014) Choco Neni menawarkan core usaha minuman yang berbahan baku cokelat dan kopi dengan 10 varian rasa.

"Seluruh varian produk minuman cokelat terbuat dari bahan dasar cokelat dan kopi berkualitas dengan harga terjangkau," kata Devid Agus Hartato, bagian pemasaran Choco Neni.

Kemitraan yang ditawarkan Choco Neni dengan harga fariatif. Mulai paket Rp5 juta dengan perlengkapan usaha yang diberikan berupa booth, blender, peralatan serta bahan baku produk dengan kapasitas 100 cup. Kemitraan juga tidak dikenakan biaya franchise dan royalti. Akan tetapi sewa lokasi dan pembayaran tenaga kerja menjadi tanggung jawab mitra usaha.

Mitra usaha penjualan coklat dan kopi tersebut setiap mitra harus membeli bahan baku yang disediakan dari pusat. Harga bahan baku Rp2.500 per cup dengan rekomendasi harga jual kepada konsumen Rp5.000 per cup. Akan tetapi mitra masih boleh menaikkan harga lebih dari itu.  Target penjualan setiap mitra dalam sehari minimal 50 cup.

Dengan asumsi harga Rp5.000 per gelas menurut David, dalam sebulan, mitra dapat mengantongi omzet penjualan sebesar Rp7,5 juta. Hitung-hitungan tersebut menurut David,  dengan omzet sebesar itu,  mitar akan memproleh keuntungan sekitar Rp1,5 juta hingga Rp 2 juta dalam sebulan.
Dengan laba sebesar itu juga mitra dapat diprediksi mendapat balik modal dalam waktu sekitar 2,3 bulan sejak memulai usaha. Lokasi penjualan harus di tempat strategis. Bisa di depan minimarket atau kantin sekolah dan di lokasi food court.
Choco Neni menurut David sudah memiliki 15 gerai. Sebanyak 13 gerai milik mitra usaha dan dua gerai milik pusat. Ia optimistis bisnis minuman kopi dan cokelat akan tumbuh karena minuman cokelat banyak penggemarnya.

Nah itulah salah satu peluang bisnis minuman coklat dan kopi yang diprediksi akan berkibar sepanjang tahun. Anda berminat silahkan kalau mau mencoba (*)