Home » » Cara Mencuci Karpet Supaya tidak Bau Apek

Cara Mencuci Karpet Supaya tidak Bau Apek





CUCI KARPET LAUNDRY - Salah satu keluhan usai mencuci karpet, hasilnya bau atau setidaknya masih apek. Padahal karpet dirasakan sudah sangat bersih, menggunakan sikat bahkan dicampur pewangi.  Apalagi jika tidak kering seharin karena musim hujan atau tidak pakai pengering khusus. Bau karpet jadi tidak karuan.

Keluhan tersebut tidak hanya datang dari pelaku mencuci di rumah tangga. Pelaku jasa cuci karpet saja sering mengeluhkan hal serupa terutama pelaku usaha yang baru saja terjun di bisnis  basah-basah itu.

Bau  yang keluar dari cucian karpet bukan karena mencuci tidak bersih. Itu akibat bakteri yang  hidup subur dan beranak pinak di dalam pori-pori karpet yang lembab. Jadi dapat dibayangkan baunya, karpet kena air selama dua hari, dalam keadaan kotor, dijamin bau terasi bahkan bau bangkai.


Pertama, bersihkan karpet dengan air banyak, juga disikat baik menggunakan sikat tangan atau  mesin sikat karpet. Seperti mencuci karpat pada umumnya.

Kedua, hasil cucian harus nampak kasat mata. Misalnya, karpet terlihat lebih  bersih dibandung sebelum dicuci. Tanda karpet bersih, jika sudah terlihat pada tetesan karpet atau air bekas siraman karpet sudah tidak ada lagi warna kekuning-kuningan. Air terlihat jernih seperti  sebelum melewati karpet.

Ketiga, ini yang paling penting. Berilah kaporit. Caranya, kaporit bisa dicampur dengan air lalu disiramkan kepada karpet baik sebelum disikat atau setelah disikat. Bisa juga kaporit ditabur langsung dan tercampur dengan detergen kemudian digosok dengan sikat tangan.   

Tanda kaporit bekerja, terasa bau karpet dan kaporit menyatu sehingga menghasilkan aroma khas namun tetap segar, terutama jika sudah kering. Mesti hati-hati jika menaburkan kaporit, bila abu kaporit terisap agak sedikit nyengat ke hidung dan tenggorokan.  

Keempat, jemur di tempat yang benar-benar panas serta di ruangan terbuka. Ruang terbuka akan menghasilkan kekeringan maksimal dan mudah kering karena dibantu angin.

Kelima,  bila sudah kering dijemur, sebelum dibawa ke ruangan, gebuk-gebuk terlebih dahulu karpet tersebut supaya kerikil kecil atau debu-debu yang  nyalip di pori-pori karpet hilang. Alangkah lebih baik jika sebelum digunakan divacum terlbih dahulu sehingga benar-benar debu terusir.


Inilah trik sederhana mencuci karpetsupaya tidak bau apek dan tetap bersih. Selamat mencoba. (anep paoji)

____________________________________________________

Ada pertanyaan seputar bisnis laundry kiloan, cuci karpet dan lain-lain silahkan kirim pertanyaan ke kolom komentar di bawah ini.
Insyaalah saya akan membalasanya, baik berupa jawaban pengalaman sediri maupun hasil sharing dari pelaku usaha laundry yang sudah sukses.
 

4 komentar:

iklancs said...

tips nya lumayan bagus, bisa di terapkan nih

Cuci Karpet said...

Terima kasih info cuci karpetnya sangat membantu sekali.

jasa cuci karpet said...

benar sekali pak.. kadang jika kita tidak tau teknik mencuci karpet yang benar justru malah akan membuat karpet menjadi bau. jadi ternyata hanya untuk sekedar mencuci karpet saja kita juga membutuhkan metode cuci karpet yang benar.. Terima kasih.. :)

Unknown said...

Permisi salam kenal Sy Yudi Dr Mamicuci Loundry baru saja buka 1 minggu, dpt orderan karpet dan kasur Palembang, alhamdulillah saya bisa liat opini para senior disini, terimakasih banyak atas petunjuk nya utk para senior.