Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 7 Kota di Indonesia Ternyaman

EKONOMI KREATIF —  Di Kota manakah sekarang anada tinggal? Jika anda tinggal di 7 kota di bawah ini, anda layak bangga. Sebab kota-kota tersebut merupakan kota terbaik versi  Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) atau disebut Indonesian Most Livable City Index 2014 oleh masyarakat.
 

Dilansir Kompas com, Senin (11/8/2014) dari survei yang dilakukan IAP itu terdapat tujuh kota yang memiliki nilai di atas rata-rata sehingga dianggap nyaman untuk ditinggali.
 

"Kota Balikpapan secara signifikan berada di atas rata-rata nasional untuk aspek tata kota dan pengelolaan lingkungan dibandingkan dengan kota lain," ungkap Ketua Umum IAP Indonesia Bernardus Djonoputro di Jakarta.
 

Tujuh jota di Indonesia paling nyaman untuk ditinggali tersebut
 

1. Balikpapan
2. Solo
3. Malang
4. Yogyakarta
5. Makassar
6. Palembang
7. Bandung
 

Bernard menyebutkan, survei tersebut murni persepsi publik, berdasarkan 27 indikator yang ditentukan sebelumnya. Responden yang dilibatkan dalam survei sebanyak 1.000 orang, yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Survei menurutnya memiliki margin of error sebesar 2% dilaksanakan pada tahun 2014 ini.
 

Indeks persepsi juga tidak dimaksudkan untuk melakukan pemeringkatan kota yang lebih baik, tetapi untuk mengukur kualitas kehidupan warga kota dan dimaksudkan untuk melakukan identifikasi awal faktor-faktor kritis pembangunan pada tiap-tiap kota berdasarkan persepsi warga. (*)